Strategi Komunikasi Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam Memberikan Edukasi Kesehatan pada Khalayak

Ayu, Putri (2020) Strategi Komunikasi Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam Memberikan Edukasi Kesehatan pada Khalayak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (604kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Oleh : Putri Ayu Melihat banyaknya hoaks-hoaks kesehatan pada internet dan media sosial, PT Kalbe Farma Tbk., sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan memedulikan kesehatan masyarakat, membentuk satu Divisi khusus, yaitu Kalbe Ethical Customer Care (KECC), yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat awam. Oleh karena itu, hal menarik untuk dikaji dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui strategi yang dibuat oleh Divisi Kalbe Ethical Customer Care (KECC) dalam memberikan edukasi kesehatan pada khalayak. Konsep-konsep yang digunakan adalah konsep customer care, perencanaan dan strategi komunikasi. Jenis penelitian ini kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan wawancara, yang dilakukan kepada lima orang narasumber yang terkait langsung dalam perencanaan strategi komunikasi KECC. Teknis analisis yang digunakan adalah penjodohan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KECC menggunakan strategi proaktif, dengan taktik utama mengadakan seminar awam secara offline. Selain itu, KECC juga menggunakan buku, radio, televisi, dan media online sebagai saluran edukasi. Komunikator yang digunakan adalah dokter spesialis dengan pesan yang disesuaikan dengan tema bulanan atau merupakan hasil diskusi. Strategi pesan dan saluran ditentukan dengan mempertimbangkan faktor edukasi dan faktor non edukasi masyarakat, meskipun belum seluruh wilayah dilakukan pemetaan tersebut. Apabila ditinjau dari model KAP, strategi yang digunakan KECC ini mungkin dapat mencapai hasil perubahan perilaku yang diharapkan oleh KECC.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi Komunikasi, Kalbe Ethical Customer Care (KECC), Edukasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 05:36
Last Modified: 15 Apr 2023 06:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item View Item