Wira, Marcel (2020) Rancang Bangun Aplikasi untuk Pengobatan Kemoterapi pada Pasien Kanker Anak Berusia 5-7 Tahun dengan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Oleh: Marcel Wira Menurut WHO pada tahun 2018, penyakit kanker pada anak merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia untuk anak-anak. Selain penyakit yang dirasakan oleh pasien beberapa masalah lain muncul ketika seseorang didiagnosis terkena penyakit kanker. Pengobatan yang paling sering digunakan untuk penyembuhan selain operasi adalah pengobatan kemoterapi. Kemoterapi memiliki beberapa efek samping yang mampu mempengaruhi psikologis pasien kanker anak. Pada penelitian ini, dibuat aplikasi yang bertujuan untuk membantu pengawas atau orang tua untuk memonitor rasa sakit yang dirasakan pasien kanker anak sekaligus membantu mengingatkan jadwal kegiatan pasien kanker untuk melakukan pengobatan, mengonsumsi obat, mengonsumsi makan, hingga pertemuan dengan dokter ketika pasien kanker anak menjalankan pengobatan kemoterapi. Ditambah dengan metode gamifikasi yang mengedukasi anak untuk mengurus dirinya sendiri seperti pasien kanker anak mengurus karakter dalam halaman gameplay dalam aplikasi. Dalam pengembangannya aplikasi dibuat berdekatan dengan pengguna sehingga tampilannya menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini, dengan adanya aplikasi ini pasien kanker anak diingatkan untuk menjaga kebiasaan baik dan tetap menjalankan pengobatan kemoterapinya hingga tuntas, serta pengawas dan orang tua pun terbantu untuk memonitor kondisi pasien kanker anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kanker anak, gamifikasi, kemoterapi, gameplay, psikologis, aplikasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System |
Divisions: | Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | mr admin umn |
Depositing User: | mr admin umn |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 04:29 |
Last Modified: | 05 Dec 2020 04:29 |
URI: | http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |