UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Aplikasi untuk Pengobatan Kemoterapi pada Pasien Kanker Anak Berusia 5-7 Tahun dengan Metode Gamifikasi

Wira, Marcel (2020) Rancang Bangun Aplikasi untuk Pengobatan Kemoterapi pada Pasien Kanker Anak Berusia 5-7 Tahun dengan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Oleh: Marcel Wira Menurut WHO pada tahun 2018, penyakit kanker pada anak merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia untuk anak-anak. Selain penyakit yang dirasakan oleh pasien beberapa masalah lain muncul ketika seseorang didiagnosis terkena penyakit kanker. Pengobatan yang paling sering digunakan untuk penyembuhan selain operasi adalah pengobatan kemoterapi. Kemoterapi memiliki beberapa efek samping yang mampu mempengaruhi psikologis pasien kanker anak. Pada penelitian ini, dibuat aplikasi yang bertujuan untuk membantu pengawas atau orang tua untuk memonitor rasa sakit yang dirasakan pasien kanker anak sekaligus membantu mengingatkan jadwal kegiatan pasien kanker untuk melakukan pengobatan, mengonsumsi obat, mengonsumsi makan, hingga pertemuan dengan dokter ketika pasien kanker anak menjalankan pengobatan kemoterapi. Ditambah dengan metode gamifikasi yang mengedukasi anak untuk mengurus dirinya sendiri seperti pasien kanker anak mengurus karakter dalam halaman gameplay dalam aplikasi. Dalam pengembangannya aplikasi dibuat berdekatan dengan pengguna sehingga tampilannya menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini, dengan adanya aplikasi ini pasien kanker anak diingatkan untuk menjaga kebiasaan baik dan tetap menjalankan pengobatan kemoterapinya hingga tuntas, serta pengawas dan orang tua pun terbantu untuk memonitor kondisi pasien kanker anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kanker anak, gamifikasi, kemoterapi, gameplay, psikologis, aplikasi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 04:29
Last Modified: 05 Dec 2020 04:29
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13716

Actions (login required)

View Item View Item