UMN Knowledge Center

Perancangan Game “MINUMKU” untuk Membantu Meningkatkan Kesadaran Pengguna dalam Konsumsi Air Guna Mencegah Dehidrasi

Chlyon Alfianto, Heryono (2020) Perancangan Game “MINUMKU” untuk Membantu Meningkatkan Kesadaran Pengguna dalam Konsumsi Air Guna Mencegah Dehidrasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Air merupakan salah satu komponen utama dalam tubuh manusia. Air sendiri berperan penting dalam segala proses yang terjadi didalam tubuh. Apabila seseorang kekurangan air didalam tubuh, akan menjadi masalah serius bagi kesehatan seseorang. Berdasarkan referensi The Indonesian Regional Hydration Study masih banyak remaja di Indonesia yang mengalami dehidrasi ringan. Penelitian ini bertujuan untuk memberi solusi dengan merancang game Minumku yang merupakan sebuah game Android yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran akan konsumsi air. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah anak yang masih tergolong remaja. Pembuatan aplikasi game Minumku menggunakan metode Waterfall. Adapun tahapan dalam proses penelitian ini adalah 1) Analisis Kebutuhan, 2) Desain, 3) Implementasi, 4) Testing, 5) Maintenance. Perancangan game Minumku sendiri akan diawali dengan pembuatan flowchart, game scenario, dan asset-asset yang dibutuhkan dalam pembuatan game Minumku. Pengujian atau validasi media akan dilakukan dengan cara pengujian kelayakan dan fungsionalitas di lapangan. Pengujian tersebut dilakukan dengan 2 metode yaitu metode pengujian Blackbox Testing dan User Acceptance Test. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket / kuisioner. Hasil dari penelitian ini sendiri akan berupa respon penguji game Minumku sendiri, dengan cara mengisi angket yang telah disediakan setelah memainkan atau menggunakan game Minumku.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dehidrasi, Game, Kesadaran, Konsumsi Air, Remaja, Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 17:22
Last Modified: 04 Dec 2020 17:22
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/14666

Actions (login required)

View Item View Item