Perancangan Game “MINUMKU” untuk Membantu Meningkatkan Kesadaran Pengguna dalam Konsumsi Air Guna Mencegah Dehidrasi

Chlyon Alfianto, Heryono (2020) Perancangan Game “MINUMKU” untuk Membantu Meningkatkan Kesadaran Pengguna dalam Konsumsi Air Guna Mencegah Dehidrasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (710kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (274kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (171kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Air merupakan salah satu komponen utama dalam tubuh manusia. Air sendiri berperan penting dalam segala proses yang terjadi didalam tubuh. Apabila seseorang kekurangan air didalam tubuh, akan menjadi masalah serius bagi kesehatan seseorang. Berdasarkan referensi The Indonesian Regional Hydration Study masih banyak remaja di Indonesia yang mengalami dehidrasi ringan. Penelitian ini bertujuan untuk memberi solusi dengan merancang game Minumku yang merupakan sebuah game Android yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran akan konsumsi air. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah anak yang masih tergolong remaja. Pembuatan aplikasi game Minumku menggunakan metode Waterfall. Adapun tahapan dalam proses penelitian ini adalah 1) Analisis Kebutuhan, 2) Desain, 3) Implementasi, 4) Testing, 5) Maintenance. Perancangan game Minumku sendiri akan diawali dengan pembuatan flowchart, game scenario, dan asset-asset yang dibutuhkan dalam pembuatan game Minumku. Pengujian atau validasi media akan dilakukan dengan cara pengujian kelayakan dan fungsionalitas di lapangan. Pengujian tersebut dilakukan dengan 2 metode yaitu metode pengujian Blackbox Testing dan User Acceptance Test. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket / kuisioner. Hasil dari penelitian ini sendiri akan berupa respon penguji game Minumku sendiri, dengan cara mengisi angket yang telah disediakan setelah memainkan atau menggunakan game Minumku.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Dehidrasi, Game, Kesadaran, Konsumsi Air, Remaja, Waterfall
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 17:22
Last Modified: 13 Jul 2023 03:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14666

Actions (login required)

View Item View Item