UMN Knowledge Center

Visualisasi Analisa Sentimen Objek Pariwisata Raja Ampat

Adeldytalia, Samrida (2020) Visualisasi Analisa Sentimen Objek Pariwisata Raja Ampat. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)

Abstract

Oleh: Samrida Adeldytalia Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, setiap tahunnya Raja Ampat memiliki kenaikan jumlah wisatawan yang cukup signifikan. Sebagai objek wisata, Raja Ampat tentu harus memastikan fasilitas pada lokasi wisata memadai dan mampu menjamin turis lokal maupun internasional saat datang ke Raja Ampat merasa puas. Pada jaman sekarang masyarakat biasanya memilih untuk membagikan pengalaman mereka pada saat berwisata di media sosial sebagai wujud penilaian kepuasan pelanggan. Tentunya akan ada berbagai penilaian dari pengunjung, baik tanggapan negatif maupun positif, salah satunya pada posting-an media sosial Twitter yang dapat mempengaruhi kesan terhadap objek pariwisata tersebut. Melihat hal ini, dilakukan penelitian untuk melihat penilaian masyarakat terhadap objek wisata Raja Ampat. Pada penelitian kali ini, akan digunakan data tweets dari media sosial Twitter dan metodologi klasifikasi Naïve Bayes dengan membagi klasifikasi menjadi 3 yaitu positif, negatif, dan netral. Proses analisa menggunakan Bahasa pemrograman R pada software RStudio, lalu hasil akhir ditampilkan dalam bentuk dashboard pada software Power BI. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil pegujian akurasi algoritma Naïve Bayes sebesar 83.93%, dengan sentimen positif memiliki persentase tertinggi dengan 81.90% yaitu sebanyak 19.691 data, kemudian dilanjut oleh sentimen netral 12.14% dengan data sebanyak 2.918 data dan terakhir sentimen negatif 5.96% dengan hanya 1.433 data. Data ditampilkan melalui visualisasi pada Power BI untuk memudahkan melihat hasil analisa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: analisa sentimen, Twitter, pariwisata, raja ampat, naïve bayes
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 15:27
Last Modified: 04 Dec 2020 15:27
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/14838

Actions (login required)

View Item View Item