Adeldytalia, Samrida (2020) Visualisasi Analisa Sentimen Objek Pariwisata Raja Ampat. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (945kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (584kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (697kB) |
Abstract
Oleh: Samrida Adeldytalia Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, setiap tahunnya Raja Ampat memiliki kenaikan jumlah wisatawan yang cukup signifikan. Sebagai objek wisata, Raja Ampat tentu harus memastikan fasilitas pada lokasi wisata memadai dan mampu menjamin turis lokal maupun internasional saat datang ke Raja Ampat merasa puas. Pada jaman sekarang masyarakat biasanya memilih untuk membagikan pengalaman mereka pada saat berwisata di media sosial sebagai wujud penilaian kepuasan pelanggan. Tentunya akan ada berbagai penilaian dari pengunjung, baik tanggapan negatif maupun positif, salah satunya pada posting-an media sosial Twitter yang dapat mempengaruhi kesan terhadap objek pariwisata tersebut. Melihat hal ini, dilakukan penelitian untuk melihat penilaian masyarakat terhadap objek wisata Raja Ampat. Pada penelitian kali ini, akan digunakan data tweets dari media sosial Twitter dan metodologi klasifikasi Naïve Bayes dengan membagi klasifikasi menjadi 3 yaitu positif, negatif, dan netral. Proses analisa menggunakan Bahasa pemrograman R pada software RStudio, lalu hasil akhir ditampilkan dalam bentuk dashboard pada software Power BI. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil pegujian akurasi algoritma Naïve Bayes sebesar 83.93%, dengan sentimen positif memiliki persentase tertinggi dengan 81.90% yaitu sebanyak 19.691 data, kemudian dilanjut oleh sentimen netral 12.14% dengan data sebanyak 2.918 data dan terakhir sentimen negatif 5.96% dengan hanya 1.433 data. Data ditampilkan melalui visualisasi pada Power BI untuk memudahkan melihat hasil analisa.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | analisa sentimen, Twitter, pariwisata, raja ampat, naïve bayes |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 15:27 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:17 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14838 |
Actions (login required)
View Item |