UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Pemilihan Laptop Menggunakan Metode Vikor

Christin, Eva (2020) Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Pemilihan Laptop Menggunakan Metode Vikor. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Laptop merupakan suatu perangkat komputer pribadi yang berukuran relatif kecil yang dapat dibawa-bawa oleh pengguna. Laptop menjadi suatu kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat, terutama di kalangan mahasiswa. Dampak dari kebutuhan laptop yang meningkat, dapat dilihat pada tingkat penjualan akan laptop. Pada tahun 2018, penjualan laptop mengalami peningkatan dengan rata-rata 1,4% setelah mengalami penurunan penjualan dalam 6 tahun terakhir. Alasan terbesar dari penurunan penjualan laptop dikarenakan banyaknya produk yang bermunculan dengan berbagai macam spesifikasi dan merek. Sehingga membuat konsumen mengalami kesulitan dalam memilih laptop yang sesuai dengan keiginan mereka. Dengan adanya permasalahan tersebut memberikan inspirasi untuk membangun sistem rekomendasi pemilihan laptop dengan menggunakan metode VIKOR (Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje). Metode VIKOR merupakan salah satu metode MultiCriteria Decision Making (MCDM) yang digunakan untuk menyeleksi sesuatu lebih dari satu kriteria dalam perangkingan dengan mengkompromi dari hasil alternative dan kriteria yang bertentangan dari sejumlah alternatif yang ada, sehingga metode VIKOR dapat memberikan hasil yang sesuai dengan kriteria. Sistem rekomendasi ini dirancang dan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan dengan menggunakan metode EUCS, didapatkan nilai kepuasan pengguna sebesar 84,51%. Sehingga dapat dikatakan bahwa sistem yang dibangun sangat berguna bagi user dalam memberikan rekomendasi laptop.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: EUCS, Laptop, MCDM, Sistem rekomendasi, VIKOR
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 10:29
Last Modified: 04 Dec 2020 10:29
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/15256

Actions (login required)

View Item View Item