UMN Knowledge Center

Peranan Editor dalam Merancang Kosntruksi Dramatik Bersama Animator untuk Membangun Emosi Tokoh pada Video Iklan Alfa Group Berbentuk Stillomatic Animation

Andrew, Andrew (2020) Peranan Editor dalam Merancang Kosntruksi Dramatik Bersama Animator untuk Membangun Emosi Tokoh pada Video Iklan Alfa Group Berbentuk Stillomatic Animation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada topik penulisan ini, penulis membahas tentang, konstruksi dramatik yang diterapkan oleh editor bersama dengan animator untuk mewujudkan emosi tokoh dalam alur cerita video iklan dengan berbagai macam penggunaan teknik editing. Penerapan teknik-teknik editing tersebut didasari dengan penggunaan teori yang sudah ada sebelumnya. Dalam menyampaikan setiap teknik editing yang digunakan, diperlukan adanya sebuah komunikasi yang memadai dan dapat dipresentasikan secara jelas ditengah situasi PSBB seperti ini, sehingga tidak ada satu teori maupun konsep yang terlewatkan oleh anggota tim lain. Penulis beserta tim produksi, bersepakat untuk menggunakan sebuah komunikasi berbasis online pada berbagai macam aplikasi yang ada. Melalui media online, penulis beserta tim lainnya akan sangat dimudahkan dalam hal melakukan pertemuan, mengirim data maupun bertukar informasi. Pada segi editingnya, penulis sebagai editor berfokus untuk memilih teknik-teknik editing yang dapat membangun emosi tokoh utama pada alur cerita video iklan tersebut. Teknik-teknik tersebut yaitu; Tempo (Fast and Slow Pace), Contrast Cut, Smash Cut, dan Match Cut. Berbagai teknik tersebut editor kombinasikan untuk mendukung teknik atau konsep satu sama lain dalam pembentukan emosi tokoh utama yang terjadi dalam sebuah peristiwa dalam cerita. Pada workflow produksi ini, editor bukan hanya aktif bekerja pada pasca produksi saja, namun dalam pra produksi penulis juga ikut membantu dalam membentuk sebuah shot maupun durasi dengan berbagai macam teknik atau teori editingnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: editor, dramatik, Tempo, Contrast Cut
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Film dan Televisi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 21:37
Last Modified: 24 Aug 2021 21:37
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/15847

Actions (login required)

View Item View Item