Andrew, Andrew (2020) Peranan Editor dalam Merancang Kosntruksi Dramatik Bersama Animator untuk Membangun Emosi Tokoh pada Video Iklan Alfa Group Berbentuk Stillomatic Animation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (490kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (148kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pada topik penulisan ini, penulis membahas tentang, konstruksi dramatik yang diterapkan oleh editor bersama dengan animator untuk mewujudkan emosi tokoh dalam alur cerita video iklan dengan berbagai macam penggunaan teknik editing. Penerapan teknik-teknik editing tersebut didasari dengan penggunaan teori yang sudah ada sebelumnya. Dalam menyampaikan setiap teknik editing yang digunakan, diperlukan adanya sebuah komunikasi yang memadai dan dapat dipresentasikan secara jelas ditengah situasi PSBB seperti ini, sehingga tidak ada satu teori maupun konsep yang terlewatkan oleh anggota tim lain. Penulis beserta tim produksi, bersepakat untuk menggunakan sebuah komunikasi berbasis online pada berbagai macam aplikasi yang ada. Melalui media online, penulis beserta tim lainnya akan sangat dimudahkan dalam hal melakukan pertemuan, mengirim data maupun bertukar informasi. Pada segi editingnya, penulis sebagai editor berfokus untuk memilih teknik-teknik editing yang dapat membangun emosi tokoh utama pada alur cerita video iklan tersebut. Teknik-teknik tersebut yaitu; Tempo (Fast and Slow Pace), Contrast Cut, Smash Cut, dan Match Cut. Berbagai teknik tersebut editor kombinasikan untuk mendukung teknik atau konsep satu sama lain dalam pembentukan emosi tokoh utama yang terjadi dalam sebuah peristiwa dalam cerita. Pada workflow produksi ini, editor bukan hanya aktif bekerja pada pasca produksi saja, namun dalam pra produksi penulis juga ikut membantu dalam membentuk sebuah shot maupun durasi dengan berbagai macam teknik atau teori editingnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | editor, dramatik, Tempo, Contrast Cut |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 21:37 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 05:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15847 |
Actions (login required)
View Item |