UMN Knowledge Center

Prediksi Five Emotions Seseorang Menggunakan Metode Natural Languange Understanding pada Twitter

Alexander, Rio (2021) Prediksi Five Emotions Seseorang Menggunakan Metode Natural Languange Understanding pada Twitter. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Media sosial sekarang merupakan tempat dimana semua orang mengungkapkan perasaan atau emosinya, salah satu media sosial yang sering digunakan pada masa kini ialah Twitter dan dengan mengenali emosi seseorang diharapkan mampu membantu manusia dalam proses pengenalan kepribadian, membantu perusahaan dalam mencari karyawan, dan deteksi tingkat kriminalitas pada suatu tempat. Twitter sebagai salah satu sosial media terbesar memberikan wadah dimana sesorang dapat berinteraksi dan menyampaikan opini kepada orang lain dengan cepat. Oleh karena itu, diperlukan deteksi emosi manusia dari tweet untuk memahami bagaimana emosi manusia dalam berinteraksi di sosial media. Solusi untuk mencari tahu emosi seseorang dalam membuat tweet dalam Twitter adalah dengan menggunakan Function Natural Language Understanding yang diambil melalui International Business Machines, yang bertujuan untuk membuat sistem klasifikasi emosi manusia berdasarkan informasi dari media sosial Twitter. Tahap pertama adalah dengan mengambil data yang diperlukan melalui API Twitter Developer. Tahap kedua adalah dengan mengambil library dari IBM yaitu NLU yang akan digunakan untuk mengolah data/tweetnya menjadi emotions. Tahap ketiga adalah klasifikasi evaluasi yang berguna untuk menciptakan model klasifikasi yang didapatkan dari Natural Language Understanding dalam bentuk angka dan chart. Berdasarkan uji coba dan analisis hasil, dapat diketahui bahwa emosi seseorang dapat diklasifikasi menggunakan metode Natural Language Understanding dan emosi seseorang yang dapat diklasifikasi adalah 5 dari 6 emotions yaitu kebahagiaan, kesedihan, ketakutan, jijik, marah dan yang tidak termasuk adalah kaget. Hasil emotions dengan klasifikasi tertinggi adalah kebahagiaan sedangkan dengan hasil klasifikasi terendah adalah kemarahan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Emosi, Natural Language Understanding, Twitter
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 20:23
Last Modified: 24 Aug 2021 20:23
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/16254

Actions (login required)

View Item View Item