Peran Copywriter dalam Pembuatan Konten Push Notifications di Shopee Indonesia

Lavenita, Laura (2021) Peran Copywriter dalam Pembuatan Konten Push Notifications di Shopee Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Alasan dan tujuan praktik kerja magang ini dilakukan untuk mengetahui peran Copywriter, terutama dalam pembuatan konten push notifications. Shopee Indonesia adalah ssatu marketplace di Indonesia yang diluncurkan pertama kali di Singapura pada 2015 dan menjadi e-commerce berbentuk marketplace mobile- platform pertama di Asia Tenggara dan Taiwan. Dengan menyadari adanya kebutuhan komunikasi yang jelas dan menarik bagi para pengguna serta untuk dapat bersaing, diperlukanlah peran Copywriter di Shopee Indonesia. Peran utama Copywriter adalah merangkai suatu pesan dengan keterampilan menulis atau copywriting agar dapat menyampaikan komunikasi yang baik dan tepat sasaran. Salah satu bentuk komunikasi pokok Shopee Indonesia dalam penyampaian informasinya dilakukan melalui push notifications. Praktik kerja magang sebagai Copywriter Intern pada divisi Marketing ­ Communcations bertanggung jawab untuk merancang pesan atau menjalankan aktivitas copywriting bagi berbagai bentuk komunikasi Shopee Indonesia yang akan dikomunikasikan sesuai target sasarannya, termasuk merancang pesan push notifications. Berdasarkan pratik kerja magang yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa peran seorang Copywriter dalam pembuatan konten push notifications di Shopee Indonesia tidak hanya semata merangkai pesan saja, tetapi juga harus mempunyai wawasan yang luas, kemampuan untuk menjadi salesperson dalam perancangan pesan, dan ketelitian yang tinggi. Selain itu, Copywriter di Shopee Indonesia juga harus dapat menyesuaikan pesan dengan brand identity perusahaan dan menjadi proof reader akhir terhadap informasi yang akan disebarluaskan, sehingga kesalahan dalam penyampaian pesan, seperti kesalahan eja atau informasi, menjadi tanggung jawab seorang Copywriter. Tanpa Copywriter, pembuatan konten push notifications di Shopee Indonesia tidak akan memiliki copywriting yang baik hingga pesan sangat memungkinkan untuk tidak tepat sasaran dan tidak efektif.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Copywriter, Push Notifications, Shopee Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 18:40
Last Modified: 24 Aug 2021 18:40
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/16734

Actions (login required)

View Item View Item