Lavenita, Laura (2021) Peran Copywriter dalam Pembuatan Konten Push Notifications di Shopee Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (506kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (228kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Alasan dan tujuan praktik kerja magang ini dilakukan untuk mengetahui peran Copywriter, terutama dalam pembuatan konten push notifications. Shopee Indonesia adalah ssatu marketplace di Indonesia yang diluncurkan pertama kali di Singapura pada 2015 dan menjadi e-commerce berbentuk marketplace mobile- platform pertama di Asia Tenggara dan Taiwan. Dengan menyadari adanya kebutuhan komunikasi yang jelas dan menarik bagi para pengguna serta untuk dapat bersaing, diperlukanlah peran Copywriter di Shopee Indonesia. Peran utama Copywriter adalah merangkai suatu pesan dengan keterampilan menulis atau copywriting agar dapat menyampaikan komunikasi yang baik dan tepat sasaran. Salah satu bentuk komunikasi pokok Shopee Indonesia dalam penyampaian informasinya dilakukan melalui push notifications. Praktik kerja magang sebagai Copywriter Intern pada divisi Marketing Communcations bertanggung jawab untuk merancang pesan atau menjalankan aktivitas copywriting bagi berbagai bentuk komunikasi Shopee Indonesia yang akan dikomunikasikan sesuai target sasarannya, termasuk merancang pesan push notifications. Berdasarkan pratik kerja magang yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa peran seorang Copywriter dalam pembuatan konten push notifications di Shopee Indonesia tidak hanya semata merangkai pesan saja, tetapi juga harus mempunyai wawasan yang luas, kemampuan untuk menjadi salesperson dalam perancangan pesan, dan ketelitian yang tinggi. Selain itu, Copywriter di Shopee Indonesia juga harus dapat menyesuaikan pesan dengan brand identity perusahaan dan menjadi proof reader akhir terhadap informasi yang akan disebarluaskan, sehingga kesalahan dalam penyampaian pesan, seperti kesalahan eja atau informasi, menjadi tanggung jawab seorang Copywriter. Tanpa Copywriter, pembuatan konten push notifications di Shopee Indonesia tidak akan memiliki copywriting yang baik hingga pesan sangat memungkinkan untuk tidak tepat sasaran dan tidak efektif.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | Copywriter, Push Notifications, Shopee Indonesia |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:40 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 07:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16734 |
Actions (login required)
View Item |