Strategi Marketing Public Relations Sephora di Tengah Pandemi COVID-19: Studi Kasus Pembukaan Toko Fisik Sephora Cabang Mal Grand Indonesia

Salim, Melinda (2021) Strategi Marketing Public Relations Sephora di Tengah Pandemi COVID-19: Studi Kasus Pembukaan Toko Fisik Sephora Cabang Mal Grand Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan ritel kosmetik Sephora membuka cabang toko barunya di Mal Grand Indonesia meskipun dalam situasi pandemi COVID-19. Untuk memasarkan keberadaan toko barunya dan mempersuasi publik agar mau datang berkunjung, maka Sephora melaksanakan kegiatan marketing public relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing public relations yang dilakukan Sephora di tengah pandemi COVID-19 dalam proses pembukaan toko fisik Sephora cabang Mal Grand Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan paradigma post-positivis dan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan dua orang narasumber dari Sephora dan satu orang informan yang merupakan praktisi ilmu komunikasi, serta studi dokumen berupa proposal kegiatan marketing, press release, dan laporan eksposur kegiatan Sephora Mal Grand Indonesia. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah marketing public relations dan proses Attention Interest Search Action Share. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kegiatan pemasaran yang dilakukan Sephora telah mengikuti langkah-langkah dari konsep 7-steps marketing public relations strategic planning oleh Whalen. Sephora juga sudah memaksimalkan pemanfaatan platform media sosial, pengaruh dari media dan KOL, serta kolaborasi dengan Mal Grand Indonesia untuk memotivasi terjadinya AISAS. Namun, karena tolak ukur keberhasilan strategi yang terlalu umum, Sephora belum dapat mengukur efektivitas dari kegiatan marketing public relations yang dilakukannya untuk pembukaan toko cabang di Mal Grand Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, 7-Step Marketing Public Relations Strategic Planning, Sephora Mal Grand Indonesia, Pandemi COVID-19
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:17
Last Modified: 24 Aug 2021 13:17
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item View Item