Strategi Marketing Public Relations Sephora di Tengah Pandemi COVID-19: Studi Kasus Pembukaan Toko Fisik Sephora Cabang Mal Grand Indonesia

Salim, Melinda (2021) Strategi Marketing Public Relations Sephora di Tengah Pandemi COVID-19: Studi Kasus Pembukaan Toko Fisik Sephora Cabang Mal Grand Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (393kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan ritel kosmetik Sephora membuka cabang toko barunya di Mal Grand Indonesia meskipun dalam situasi pandemi COVID-19. Untuk memasarkan keberadaan toko barunya dan mempersuasi publik agar mau datang berkunjung, maka Sephora melaksanakan kegiatan marketing public relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing public relations yang dilakukan Sephora di tengah pandemi COVID-19 dalam proses pembukaan toko fisik Sephora cabang Mal Grand Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan paradigma post-positivis dan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan dua orang narasumber dari Sephora dan satu orang informan yang merupakan praktisi ilmu komunikasi, serta studi dokumen berupa proposal kegiatan marketing, press release, dan laporan eksposur kegiatan Sephora Mal Grand Indonesia. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah marketing public relations dan proses Attention Interest Search Action Share. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kegiatan pemasaran yang dilakukan Sephora telah mengikuti langkah-langkah dari konsep 7-steps marketing public relations strategic planning oleh Whalen. Sephora juga sudah memaksimalkan pemanfaatan platform media sosial, pengaruh dari media dan KOL, serta kolaborasi dengan Mal Grand Indonesia untuk memotivasi terjadinya AISAS. Namun, karena tolak ukur keberhasilan strategi yang terlalu umum, Sephora belum dapat mengukur efektivitas dari kegiatan marketing public relations yang dilakukannya untuk pembukaan toko cabang di Mal Grand Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Marketing Public Relations, 7-Step Marketing Public Relations Strategic Planning, Sephora Mal Grand Indonesia, Pandemi COVID-19
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:17
Last Modified: 09 May 2023 05:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16951

Actions (login required)

View Item View Item