UMN Knowledge Center

Penggunaan dan Kepuasan Mahasiswa Disabilitas Tuli dalam Mengonsumsi Berita Harian KamiBijak

Astina, Lenny (2021) Penggunaan dan Kepuasan Mahasiswa Disabilitas Tuli dalam Mengonsumsi Berita Harian KamiBijak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Media saat ini masih dianggap belum ramah terhadap kaum disabilitas. Kecilnya tampilan layar Juru Bahasa Isyarat (JBI) di televisi dan sering berubahnya bahasa isyarat yang digunakan menjadikan penyandang disabilitas kesulitan untuk mengakses berita. Media saat ini terus berjuang untuk memberi akses yang sama pada semua khalayak, khususnya disabilitas tuli. Penelitian ini berfokus pada mahasiswa disabilitas tuli dalam memenuhi kebutuhan berita dan informasi dari media. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana penggunaan dan kepuasan mereka dalam mengakses berita harian di akun YouTube KamiBijak. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratifications Theory yang digagas oleh Katz, Blumler, dan Gurevitch. Teori tersebut menjelaskan bagaimana penggunaan dan kepuasan atau tidak kepuasan mahasiswa disabilitas tuli terhadap berita harian KamiBijak. Penggunaan media sosial sebagai saluran dalam penyampaian berita sesuai dengan dimensi-dimensi yang terdapat dalam konsep kepuasan, yaitu content gratification, process gratifications, dan social gratifications. Penelitian ini bersifat kualitatif. Dengan mengetahui ada atau tidak adanya kepuasan pada khalayak, akan membuat KamiBijak dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus dikembangkan. Selain itu, media dapat memastikan bahwa kontennya telah sesuai dengan harapan untuk mendapatkan kepuasan dari khalayak disabilitas tuli. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa informan yang merupakan mahasiswa disabilitas tuli S-1 lebih sering menggunakan media sosial yaitu YouTube sebagai sumber utama mereka mencari informasi. Mahasiswa disabilitas tuli S-1 tersebut mengonsumsi berita harian di akun Youtube KamiBijak mendapatkan kepuasan dalam bentuk informasi baru seperti kasus disabilitas yang belum terpenuhi aksesibilitasnya. Berita harian ini disampaikan dengan menggunakan bahasa isyarat mudah pahami oleh mahasiswa disabilitas tuli S-1. Sementara itu, mahasiswa disabilitas tuli S-2 memilih media sosial YouTube dibandingkan dengan Twitter, Facebook, dan Website. Informan ini juga mendapatkan kepuasan dari informasi baru yang lebih fokus pada COVID-19 dan New Normal. Adanya bantuan teks pada video berita harian KamiBijak dapat membantu mahasiswa disabilitas tuli S-2 untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa disabilitas tuli, teori Uses and Gratification, YouTube, KamiBijak
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:50
Last Modified: 24 Aug 2021 12:50
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item