UMN Knowledge Center

Perancangan Buku Pendidikan Matematika Realistik sebagai Metode Mengajar untuk Guru Sekolah Dasar di Indonesia

Anggie, Juan (2021) Perancangan Buku Pendidikan Matematika Realistik sebagai Metode Mengajar untuk Guru Sekolah Dasar di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang wajib untuk dipelajari di jenjang SD hingga SMA di Indonesia. Pembelajaran matematika dilakukan agar siswa terlatih dalam berpikir secara logika, analitis, sistematis dan kreatif. Namun, Negara Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan peringkat kemampuan matematika di tingkat dunia. Dalam tes Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018, data menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi peringkat 74 dari 79 negara dalam kategori kemampuan Matematika. Salah satu faktor penyebab permasalahan ini adalah tidak semua guru matematika, khususnya pada tingkat sekolah dasar mampu mengajarkan matematika dengan menyenangkan dan relevan dengan kehidupan nyata kepada siswanya. Berdasarkan penelitian terkait metode pengajaran matematika realistik dapat menjawab permasalahan matematika indonesia, maka penulis ingin merancang media informasi buku pendidikan matematika realistik sebagai metode mengajar untuk guru sekolah dasar di Indonesia. Dalam tahap penelitian, penulis menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan metode kuantitatif berupa kuesioner online dan metode kualitatif berupa wawancara guru dan ahli. Lalu, data sekunder didapatkan dari studi literatur dari buku dan jurnal serta studi referensi dari buku pengajaran metode matematika realistik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: buku informasi, matematika, guru sekolah dasar, Pendidikan Matematika Realistik (PMR)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:19
Last Modified: 24 Aug 2021 13:19
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item View Item