Perancangan Buku Pendidikan Matematika Realistik sebagai Metode Mengajar untuk Guru Sekolah Dasar di Indonesia

Anggie, Juan (2021) Perancangan Buku Pendidikan Matematika Realistik sebagai Metode Mengajar untuk Guru Sekolah Dasar di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (335kB)

Abstract

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang wajib untuk dipelajari di jenjang SD hingga SMA di Indonesia. Pembelajaran matematika dilakukan agar siswa terlatih dalam berpikir secara logika, analitis, sistematis dan kreatif. Namun, Negara Indonesia saat ini sedang mengalami penurunan peringkat kemampuan matematika di tingkat dunia. Dalam tes Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018, data menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi peringkat 74 dari 79 negara dalam kategori kemampuan Matematika. Salah satu faktor penyebab permasalahan ini adalah tidak semua guru matematika, khususnya pada tingkat sekolah dasar mampu mengajarkan matematika dengan menyenangkan dan relevan dengan kehidupan nyata kepada siswanya. Berdasarkan penelitian terkait metode pengajaran matematika realistik dapat menjawab permasalahan matematika indonesia, maka penulis ingin merancang media informasi buku pendidikan matematika realistik sebagai metode mengajar untuk guru sekolah dasar di Indonesia. Dalam tahap penelitian, penulis menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan metode kuantitatif berupa kuesioner online dan metode kualitatif berupa wawancara guru dan ahli. Lalu, data sekunder didapatkan dari studi literatur dari buku dan jurnal serta studi referensi dari buku pengajaran metode matematika realistik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: buku informasi, matematika, guru sekolah dasar, Pendidikan Matematika Realistik (PMR)
Subjects: 500 Science and Mathematic > 510 Mathematics > 510 Mathematics
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:19
Last Modified: 28 Aug 2023 00:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item View Item