Devi, Samana
(2021)
Pengaruh Perceived Value terhadap Purchase Intention Wattpad Premium melalui Satisfaction sebagai Variabel Mediasi; Telaah pada Pengguna Aplikasi Wattpad.
Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pertumbuhan pengguna smartphone memicu meningkatnya jumlah aplikasi, salah satunya adalah aplikasi hiburan. Wattpad merupakan platform sosial hiburan untuk membaca dan menulis cerita fiksi. Wattpad menggunakan skenario freemium, yang menawarkan layanan dasar secara gratis dan berbayar untuk layanan premiumnya. Sementara itu, riset yang dilakukan oleh Google Indonesia menunjukkan bahwa hanya sedikit pengguna yang mau menggunakan aplikasi berbayar dan berlangganan. Selain itu penetrasi pengguna aplikasi berlangganan di Indonesia juga cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait pengaruh perceived value terhadap purchase intention Wattpad Premium dengan satisfaction sebagai mediasi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui survei online yang kemudian diolah dengan metode structural equation model (SEM) pada Lisrel versi 8.8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived benefits berpengaruh positif signifikan terhadap perceived value dan perceived sacrifices berpengaruh negatif sigifikan terhadap perceived value. Selain itu ditemukan juga bahwa perceived value berpengaruh positif terhadap satisfaction dan purchase intention Wattpad Premium. Sedangkan satisfaction berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, ditemukan juga bahwa satisfaction tidak memediasi pengaruh antara perceived value dengan purchase intention Wattpad Premium.
Actions (login required)
 |
View Item |