Pengaruh Perceived Value terhadap Purchase Intention Wattpad Premium melalui Satisfaction sebagai Variabel Mediasi; Telaah pada Pengguna Aplikasi Wattpad

Devi, Samana (2021) Pengaruh Perceived Value terhadap Purchase Intention Wattpad Premium melalui Satisfaction sebagai Variabel Mediasi; Telaah pada Pengguna Aplikasi Wattpad. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (989kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (897kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (141kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pertumbuhan pengguna smartphone memicu meningkatnya jumlah aplikasi, salah satunya adalah aplikasi hiburan. Wattpad merupakan platform sosial hiburan untuk membaca dan menulis cerita fiksi. Wattpad menggunakan skenario freemium, yang menawarkan layanan dasar secara gratis dan berbayar untuk layanan premiumnya. Sementara itu, riset yang dilakukan oleh Google Indonesia menunjukkan bahwa hanya sedikit pengguna yang mau menggunakan aplikasi berbayar dan berlangganan. Selain itu penetrasi pengguna aplikasi berlangganan di Indonesia juga cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait pengaruh perceived value terhadap purchase intention Wattpad Premium dengan satisfaction sebagai mediasi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui survei online yang kemudian diolah dengan metode structural equation model (SEM) pada Lisrel versi 8.8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived benefits berpengaruh positif signifikan terhadap perceived value dan perceived sacrifices berpengaruh negatif sigifikan terhadap perceived value. Selain itu ditemukan juga bahwa perceived value berpengaruh positif terhadap satisfaction dan purchase intention Wattpad Premium. Sedangkan satisfaction berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, ditemukan juga bahwa satisfaction tidak memediasi pengaruh antara perceived value dengan purchase intention Wattpad Premium.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: perceived benefits, perceived sacrifices, perceived value, satisfaction, purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:00
Last Modified: 21 Jun 2023 07:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17680

Actions (login required)

View Item View Item