UMN Knowledge Center

Evaluasi Kesiapan Universitas Multimedia Nusantara untuk Sertifikasi Bangunan Hijau Melalui Simulasi Sertifikasi Greenship; Studi Kasus New Media Tower (Gedung C)

Jakob, Caroline (2021) Evaluasi Kesiapan Universitas Multimedia Nusantara untuk Sertifikasi Bangunan Hijau Melalui Simulasi Sertifikasi Greenship; Studi Kasus New Media Tower (Gedung C). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Oleh: Caroline Jakob Setiap tahunnya pertumbuhan kota meningkat pesat, gedung-gedung masif baru terus dibangun, sehingga dampak yang dimiliki oleh bangunan terhadap manusia dan lingkungan semakin signifikan. Apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan permasalahan serius seperti krisis energi, pemanasan global, degradasi lingkungan hidup, penipisan lapisan ozon dan terpengaruhnya kesehatan global. Pada saat ini, solusi yang tersedia untuk permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan konsep bangunan hijau yang penerapannya umum divalidasi dengan sistem sertifikasi. Untuk ikut berkontribusi terhadap pemecahan permasalahan lingkungan hidup, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berencana melakukan sertifikasi bangunan hijau. Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan sertifikasi, maka pada Tugas Akhir ini dilaksanakan evaluasi kesiapan New Media Tower (Gedung C) untuk sertifikasi bangunan hijau. Evaluasi kesiapan dilakukan melalui simulasi sertifikasi Greenship pada New Media Tower UMN. Pertama, dilakukan pengolahan gambar As Built, diagram skematik, dan data operasional bangunan dengan aplikasi AutoCAD, Dialux Evo, dan Microsoft Excel. Selain itu dilakukan juga wawancara dengan Building Management mengenai kondisi operasional dan kebijakan terkait bangunan gedung. Dari hasil pengolahan data diperkirakan perolehan poin sertifikasi Greenship yang didapatkan New Media Tower pada kondisi saat ini. Selanjutnya peluang perbaikan untuk mencapai hasil sertifikasi yang lebih optimal diidentifikasi menggunakan analisa kesenjangan. Dari hasil evaluasi diketahui pencapaian sertifikasi Greenship untuk New Media Tower pada kondisi sekarang adalah 66 poin dengan predikat gold. Perbaikan yang dapat diusulkan terkait kebijakan manajemen, perbaikan fasilitas tapak, efisiensi energi sistem tata udara, introduksi udara ruangan, monitoring dan kontrol konsumsi air dan listrik, pengukuran kualitas udara dan kebisingan, serta survei kenyamanan penghuni.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: bangunan hijau, Greenship, New Media Tower, universitas
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Teknik Fisika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:59
Last Modified: 24 Aug 2021 12:59
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17684

Actions (login required)

View Item View Item