Model Bisnis Media Online Otomotif Otodriver Saat Pandemi Covid-19

Alpha Pradipta, Teddy (2021) Model Bisnis Media Online Otomotif Otodriver Saat Pandemi Covid-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (689kB) | Preview

Abstract

Media digital saat ini sangat memerlukan akses internet untuk menyebarkan informasi khususnya bagi perusahaan media yang dari awal berdiri sudah berada di media digital. Pertumbuhan media online saat ini sudah berkembang pesat termasuk di Indonesia. Hal tersebut membuat persaingan media online begitu besar. Untuk menghadapi persaingan bisnis media, media digital perlu memahami dan menerapkan model bisnis yang tepat untuk menghidupi roda perusahaan medianya. Akan tetapi memasuki tahun 2020, wabah virus Covid-19 atau biasa disebut Corona melanda dunia dan membuat beberapa sektor perekonomian dan peekerjaan mengalami penurunan, penelitian ini akan membahas mengenai model bisnis pada sebuah media online yang hanya berfokus pada satu topik otomotif, yakni Otodriver. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model bisnis yang diterapkan oleh Otodriver sejak berdirinya pada tahun 2015 bisa berkembang dan berjalan dengan baik hingga saat ini. Bagaimana penerapan model bisnis Otodriver dan bagaimana model bisnis Otodriver pada saat pandemi virus Covid-19? Penelitian ini akan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif secara deskriptif dengan melakukan metode studi kasus. Penenlitian ini akan menggunakan metode studi kasus dari Robert K. Yin. Konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah model bisnis oleh Van Tassel dan Poe-Howfield (2010) yang terbagi menjadi empat kategori model. Untuk model konten, Otodriver dapat membuat konten yang terbagi menjadi konten independen dan konten kerjasama atau partnership. Setelah itu, Otodriver menggunakan seluruh media sosial yang digunakan untuk menyebarkan konten yang telah dibuat, untuk model pemasarannya Otodriver menggunakan Sprial, Viral dan Affinity model untuk memasarkan seluruh kontennya. Pada model pendapatan Otodriver berasal dari iklan dan konten kolaborasi dengan partnership. Dengan adanya wabah virus Corona (Covid-19), Otodriver masih menggunakan model bisnis yang sama akan tetapi pendapatan perusahaan berkurang cukup signifikan. Selain itu, Otodriver dapat menyeimbangkan konten mereka antara konten berita dengan konten iklan sehingga proses kerja jurnalistik Otodriver tetap terjaga dan perjalanan bisnis media Otodriver juga tetap berjalan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: model bisnis media online, media online otomotif, Otodriver, media sosial, pandemi virus Corona
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:22
Last Modified: 24 Aug 2021 12:22
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17792

Actions (login required)

View Item View Item