Alpha Pradipta, Teddy (2021) Model Bisnis Media Online Otomotif Otodriver Saat Pandemi Covid-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Media digital saat ini sangat memerlukan akses internet untuk menyebarkan informasi khususnya bagi perusahaan media yang dari awal berdiri sudah berada di media digital. Pertumbuhan media online saat ini sudah berkembang pesat termasuk di Indonesia. Hal tersebut membuat persaingan media online begitu besar. Untuk menghadapi persaingan bisnis media, media digital perlu memahami dan menerapkan model bisnis yang tepat untuk menghidupi roda perusahaan medianya. Akan tetapi memasuki tahun 2020, wabah virus Covid-19 atau biasa disebut Corona melanda dunia dan membuat beberapa sektor perekonomian dan peekerjaan mengalami penurunan, penelitian ini akan membahas mengenai model bisnis pada sebuah media online yang hanya berfokus pada satu topik otomotif, yakni Otodriver. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model bisnis yang diterapkan oleh Otodriver sejak berdirinya pada tahun 2015 bisa berkembang dan berjalan dengan baik hingga saat ini. Bagaimana penerapan model bisnis Otodriver dan bagaimana model bisnis Otodriver pada saat pandemi virus Covid-19? Penelitian ini akan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif secara deskriptif dengan melakukan metode studi kasus. Penenlitian ini akan menggunakan metode studi kasus dari Robert K. Yin. Konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah model bisnis oleh Van Tassel dan Poe-Howfield (2010) yang terbagi menjadi empat kategori model. Untuk model konten, Otodriver dapat membuat konten yang terbagi menjadi konten independen dan konten kerjasama atau partnership. Setelah itu, Otodriver menggunakan seluruh media sosial yang digunakan untuk menyebarkan konten yang telah dibuat, untuk model pemasarannya Otodriver menggunakan Sprial, Viral dan Affinity model untuk memasarkan seluruh kontennya. Pada model pendapatan Otodriver berasal dari iklan dan konten kolaborasi dengan partnership. Dengan adanya wabah virus Corona (Covid-19), Otodriver masih menggunakan model bisnis yang sama akan tetapi pendapatan perusahaan berkurang cukup signifikan. Selain itu, Otodriver dapat menyeimbangkan konten mereka antara konten berita dengan konten iklan sehingga proses kerja jurnalistik Otodriver tetap terjaga dan perjalanan bisnis media Otodriver juga tetap berjalan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | model bisnis media online, media online otomotif, Otodriver, media sosial, pandemi virus Corona |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering > 620 Engineering and Applied Operations > 620.1 Mechanical Engineering |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:22 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17792 |
Actions (login required)
View Item |