Gartini, Tia (2021) Strategi Pemasaran Sosial Instagram @Kibumi.id dalam Mengedukasi Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (109kB) | Preview |
|
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
|
PDF
BAB_V.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Isu pengelolaan sampah masih belum ditangani dengan baik di Indonesia. Dari sampah yang dihasilkan, tidak sedikit diantaranya langsung terbuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dari isu yang diangkat tersebut, Kibumi.id sebagai sebuah start up yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan, terutama pada isu pengelolaan sampah yang banyak diabaikan oleh masyarakat, hadir untuk dapat menangani isu sampah tersebut dan mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah melalui media sosialnya, Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi sebagai elemen pengumpulan datanya, dan menggunakan konsep pemasaran sosial yang dikemukakan oleh Kotler dan Lee, 2020. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya perencanaan pemasaran sosial Kibumi.id yang belum sepenuhnya sejalan dengan teori yang dijabarkan oleh Kotler dan Lee, pada tahapan ke delapan yaitu evaluasi. Kibumi.id masih belum memiliki ukuran atau indikator untuk menentukan apakah program pemasaran sosial yang sudah dilakukan berhasil atau tidak. Sedangkan untuk tahapan lainnya yaitu describe social issue, background, purpose, and focus, conduct situation analysis, select priority audience, set behavior objectives and goals, identify priority audience insights, develop positioning statement, develop strategic marketing intervention mix (4Ps), establish budgets and funding, dan complete implementation plan sudah dilakukan oleh Kibumi.id sejalan dengan konsep yang dikemukakan oleh Kotler dan Lee.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | isu sampah, Kibumi.id, Instagram, dan pemasaran sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
SWORD Depositor: | mr admin umn |
Depositing User: | mr admin umn |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:11 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 12:11 |
URI: | http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |