Strategi Pemasaran Sosial Instagram @Kibumi.id dalam Mengedukasi Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah

Gartini, Tia (2021) Strategi Pemasaran Sosial Instagram @Kibumi.id dalam Mengedukasi Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Isu pengelolaan sampah masih belum ditangani dengan baik di Indonesia. Dari sampah yang dihasilkan, tidak sedikit diantaranya langsung terbuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dari isu yang diangkat tersebut, Kibumi.id sebagai sebuah start up yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan, terutama pada isu pengelolaan sampah yang banyak diabaikan oleh masyarakat, hadir untuk dapat menangani isu sampah tersebut dan mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah melalui media sosialnya, Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi sebagai elemen pengumpulan datanya, dan menggunakan konsep pemasaran sosial yang dikemukakan oleh Kotler dan Lee, 2020. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya perencanaan pemasaran sosial Kibumi.id yang belum sepenuhnya sejalan dengan teori yang dijabarkan oleh Kotler dan Lee, pada tahapan ke delapan yaitu evaluasi. Kibumi.id masih belum memiliki ukuran atau indikator untuk menentukan apakah program pemasaran sosial yang sudah dilakukan berhasil atau tidak. Sedangkan untuk tahapan lainnya yaitu describe social issue, background, purpose, and focus, conduct situation analysis, select priority audience, set behavior objectives and goals, identify priority audience insights, develop positioning statement, develop strategic marketing intervention mix (4Ps), establish budgets and funding, dan complete implementation plan sudah dilakukan oleh Kibumi.id sejalan dengan konsep yang dikemukakan oleh Kotler dan Lee.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: isu sampah, Kibumi.id, Instagram, dan pemasaran sosial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:11
Last Modified: 24 Aug 2021 12:11
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

View Item View Item