Strategi Pemasaran Sosial Instagram @Kibumi.id dalam Mengedukasi Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah

Gartini, Tia (2021) Strategi Pemasaran Sosial Instagram @Kibumi.id dalam Mengedukasi Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (109kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Isu pengelolaan sampah masih belum ditangani dengan baik di Indonesia. Dari sampah yang dihasilkan, tidak sedikit diantaranya langsung terbuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dari isu yang diangkat tersebut, Kibumi.id sebagai sebuah start up yang bergerak di bidang sosial dan lingkungan, terutama pada isu pengelolaan sampah yang banyak diabaikan oleh masyarakat, hadir untuk dapat menangani isu sampah tersebut dan mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah melalui media sosialnya, Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi sebagai elemen pengumpulan datanya, dan menggunakan konsep pemasaran sosial yang dikemukakan oleh Kotler dan Lee, 2020. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya perencanaan pemasaran sosial Kibumi.id yang belum sepenuhnya sejalan dengan teori yang dijabarkan oleh Kotler dan Lee, pada tahapan ke delapan yaitu evaluasi. Kibumi.id masih belum memiliki ukuran atau indikator untuk menentukan apakah program pemasaran sosial yang sudah dilakukan berhasil atau tidak. Sedangkan untuk tahapan lainnya yaitu describe social issue, background, purpose, and focus, conduct situation analysis, select priority audience, set behavior objectives and goals, identify priority audience insights, develop positioning statement, develop strategic marketing intervention mix (4Ps), establish budgets and funding, dan complete implementation plan sudah dilakukan oleh Kibumi.id sejalan dengan konsep yang dikemukakan oleh Kotler dan Lee.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: isu sampah, Kibumi.id, Instagram, dan pemasaran sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:11
Last Modified: 26 Apr 2023 03:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

View Item View Item