Strategi Kampanye Public Relations Pemerintah Kota Singkawang dalam Meningkatkan Awareness Masyarakat akan COVID-19 dan Pencegahan Penyebarannya

Perdana, Rizqy Aldi (2021) Strategi Kampanye Public Relations Pemerintah Kota Singkawang dalam Meningkatkan Awareness Masyarakat akan COVID-19 dan Pencegahan Penyebarannya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

COVID-19 merupakan fenomena baru yang mewabah secara global. Berbagai sektor dan masyarakat terdampak secara langsung. Pemerintah Indonesia berupaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 yang terdiri dari berbagai instrumen pemerintahan melakukan kampanye public relations pencegahan penyebaran COVID-19. Kampanye public relations adalah aktivitas proses komunikasi dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan mempersuasi publik melalui pesan. Kota Singkawang sebagai kota Pariwisata di Kalimantan Barat turut menjadi imbas dari COVID-19. Melalui Satgas COVID-19 Kota Singkawang dengan instrumen Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota Singkawang melaksanakan kampanye public relations dalam meningkatkan awareness masyarakat akan COVID-19 dan pencegahan penyebarannya. Melalui 10 tahapan kampanye Anne Gregory dan menggunakan metode studi kasus, penelitian kualitatif deskriptif ini membahas bagaimana strategi dan taktik yang digunakan Pemerintah Kota Singkawang untuk kampanye COVID-19. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam kepada seluruh informan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan pola antara teori 10 tahap kampanye Anne Gregory dilihat dari segi analisis, tujuan, publik, pesan, strategi, taktik, skala waktu, sumber daya, evaluasi, dan review dengan pelaksanaan kampanye public relations Pemerintah Kota Singkawang dalam meningkatkan awareness masyarakat akan COVID-19 dan pencegahan penyebarannya. Perbedaannya, skala waktu dalam kampanye ini dilakukan bertahap sesuai dengan kebijakan pemerintah hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Awareness, COVID-19, Pemerintah Kota Singkawang, Public Relations, Strategi Kampanye
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:20
Last Modified: 24 Aug 2021 11:20
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item View Item