Strategi Kampanye Public Relations Pemerintah Kota Singkawang dalam Meningkatkan Awareness Masyarakat akan COVID-19 dan Pencegahan Penyebarannya

Perdana, Rizqy Aldi (2021) Strategi Kampanye Public Relations Pemerintah Kota Singkawang dalam Meningkatkan Awareness Masyarakat akan COVID-19 dan Pencegahan Penyebarannya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (138kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

COVID-19 merupakan fenomena baru yang mewabah secara global. Berbagai sektor dan masyarakat terdampak secara langsung. Pemerintah Indonesia berupaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 yang terdiri dari berbagai instrumen pemerintahan melakukan kampanye public relations pencegahan penyebaran COVID-19. Kampanye public relations adalah aktivitas proses komunikasi dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan mempersuasi publik melalui pesan. Kota Singkawang sebagai kota Pariwisata di Kalimantan Barat turut menjadi imbas dari COVID-19. Melalui Satgas COVID-19 Kota Singkawang dengan instrumen Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota Singkawang melaksanakan kampanye public relations dalam meningkatkan awareness masyarakat akan COVID-19 dan pencegahan penyebarannya. Melalui 10 tahapan kampanye Anne Gregory dan menggunakan metode studi kasus, penelitian kualitatif deskriptif ini membahas bagaimana strategi dan taktik yang digunakan Pemerintah Kota Singkawang untuk kampanye COVID-19. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam kepada seluruh informan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan pola antara teori 10 tahap kampanye Anne Gregory dilihat dari segi analisis, tujuan, publik, pesan, strategi, taktik, skala waktu, sumber daya, evaluasi, dan review dengan pelaksanaan kampanye public relations Pemerintah Kota Singkawang dalam meningkatkan awareness masyarakat akan COVID-19 dan pencegahan penyebarannya. Perbedaannya, skala waktu dalam kampanye ini dilakukan bertahap sesuai dengan kebijakan pemerintah hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Awareness, COVID-19, Pemerintah Kota Singkawang, Public Relations, Strategi Kampanye
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:20
Last Modified: 28 Apr 2023 08:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item View Item