Proses Produksi Program Televisi Jelajah Budaya Episode Satu

Gia Putri Munggaran, Nanda (2021) Proses Produksi Program Televisi Jelajah Budaya Episode Satu. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebudayaan merupakan cara berpikir serta cara merasa sebagai identitas diri di kehidupan sekelompok manusia untuk kesatuan sosial dalam suatu ruang serta waktu. Indonesia memiliki berbagai macam bentuk ekspresi budaya yang menjadi salah satu faktor pendorong wisatawan untuk mengunjungi serta mempelajari keberagaman budaya tersebut. Maka dari itu, kebudayaan di setiap daerah menjadi keunggulan sebagai produk daya tarik dalam industri pariwisata Indonesia. Era globalisasi membuat adanya pergeseran nilai-nilai budaya yang menyebabkan hilangnya budaya asli suatu daerah dan lunturnya nilai-nilai budaya karena masyarakat yang berubah menjadi modern. Hal tersebut membuat keberadaan dari beberapa kebudayaan di Indonesia juga menjadi kurang popular di kalangan masyarakat. Dalam hal tersebut, penulis membuat program siaran dengan judul "Jelajah Budaya" yang termasuk ke dalam genre travel documentary. Program siaran Jelajah Budaya akan menyajikan konten serta informasi mengenai eksistensi dari berbagai macam kebudayaan dan perpaduan unik budaya di nusantara. Tidak hanya itu, program siaran Jelajah Budaya juga mengulas permasalahan yang terdapat pada suatu kebudayaan tertentu di Indonesia. Dalam hal tersebut, program siaran Jelajah Budaya bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kebudayaan, sejarah, dan aktivitas masyarakat di suatu daerah yang dikemas dalam sebuah perjalanan seorang pembawa acara. Program siaran Jelajah Budaya memiliki format news dengan jenis feature perjalanan yang mengkombinasikan fakta serta opini untuk memenuhi kebutuhan informasi dan rasa ingin tahu masyarakat terhadap kebudayaan di nusantara. Program Jelajah Budaya termasuk ke dalam konsep travel journalism karena bertujuan memberikan kesempatan khalayak untuk memperluas wawasan mengenai kebudayaan, sejarah, serta aktivitas di suatu daerah. Program Jelajah Budaya memiliki beberapa nilai berita yaitu kedekatan (proximity), program Jelajah Budaya memiliki kedekatan secara geografis dan psikologis bagi masyarakat Indonesia khususnya yang memiliki minat terhadap kebudayaan nusantara. Dampak (impact), Program Jelajah Budaya dapat meningkatkan nilai-nilai budaya serta mempertahankan eksistensi dari budaya tersebut. Selain itu, program Jelajah Budaya juga berdampak terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pengaruh (significance), program Jelajah Budaya dapat menambah wawasan bagi masyarakat Indonesia mengenai kebudayaan di nusantara dapat memberikan pengaruh terhadap masyarakat yang ingin melakukan wisata budaya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Travel Documentary, Feature Perjalanan, Kebudayaan, Travel Journalism. Cluster Programming-Based Project, Sub-Cluster TV Program
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 24 Aug 2021 09:00
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/18019

Actions (login required)

View Item View Item