Penerapan Inovasi Digital pada Media Online: Studi Kasus pada TikTok Tempo.co

Juliano Ergian Pinandita, Laurentius (2021) Penerapan Inovasi Digital pada Media Online: Studi Kasus pada TikTok Tempo.co. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (369kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (697kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (763kB)

Abstract

Kemajuan teknologi secara global jelas memberikan pengaruh besar bagi industri media. Salah satu wujud dari perkembangannya adalah dengan munculnya berbagai platform digital yang kini merupakan salah satu medium menyampaikan produk jurnalistik yang distribusinya dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses suatu berita atau informasi. Hal ini membuat perusahaan media dihadapkan pada dua pilihan, yakni beradaptasi dengan teknologi dan bertahan di arus utama industri atau tidak beradaptasi lalu mati begitu saja. Maka dari itu, penelitian ini melihat bagaimana Tempo.co sebagai media pionir di Indonesia melakukan sebuah inovasi digital guna menanggapi perubahan zaman dalam menyampaikan berita melalui platform digital baru TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan paradigma post- positivisme sebagai landasan berpikir untuk mempertanyakan apakah suatu temuan yang baru sesuai dengan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Dalam penelitian, penulis menggunakan tiga konsep, yaitu Jurnalisme Digital, Inovasi Media, dan Peran Manajer dalam Inovasi Media. Melalui pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen, penelitian ini berhasil menjawab pertanyaan penelitian dengan menunjukkan bahwa Tempo.co menerapkan inovasi digital guna menjangkau user muda dan meningkatkan pertumbuhan audiens Tempo.co. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa manajemen Tempo.co menerapkan sebagian besar konsep pola pikir manajerial, yakni Approach, Impact, dan Convergence and Innovation as A Products.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media online, inovasi digital, jurnalisme digital, manajemen media, TikTok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:07
Last Modified: 17 Jun 2023 00:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18064

Actions (login required)

View Item View Item