UMN Knowledge Center

Strategi Media Relations Angkasa Pura I dalam Membangun Citra Yogyakarta International Airport Sebagai Bandara Baru

Pradana, Nicholas Jevan (2021) Strategi Media Relations Angkasa Pura I dalam Membangun Citra Yogyakarta International Airport Sebagai Bandara Baru. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CC-BY-NC-SA 4.0.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Dunia aviasi berkembang pesat baik perusahaan penerbangan maupun perusahaan pengelola bandara udara. Bandara tidak lagi hanya tempat mendarat dan berangkatnya pesawat saja, akan tetapi seiring dengan berkembangnya dunia aviasi bandar udara juga menjadi destinasi.Yogyakarta International Airport merupakan bandara baru yang menggantikan Bandara Udara International Adisutjipto. Di awal pembangunan, Yogyakarta International Airport ditentang baik oleh masyarakat sekitar yang merasa tanahnya di ambil untuk digunakan sebagai bandara maupun masyarakat Yogyakarta yang sudah terbiasa menuju bandara Adi Sucipto yang sangat dekat (10-15 menit perjalanan) dibandingkan bandara baru di Kulon Progo yang membutuhkan perjalanan sekitar satu sampai setengah jam. Strategi yang dilakukan adalah media relations di mana perusahaan membutuhkan media untuk menjalin hubungan dalam upaya mengembangkan citra Yogyakarta International Airport. Media menjadi sebuah prioritas bagi kegiatan media relations karena tanpa ada relasi dengan media strategi media relations tidak akan terlaksanakan dengan baik. Penelitian ini memiliki fokus terhadap aktivitas dan proses media relations yang dilakukan dalam upaya membangun citra bandara, penelitian dikaitkan dengan konsep strategi media relations Yosal Iriantara. Penelitian ini mengunakan paradigma post-positivistik dan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu PT Angkasa Pura I telah melakukan strategi media relations dengan media, komunitas media dan organisasi media. Strategi media relations tersebut dilakukan dengan membagi press release, melakukan media gathering, media visit, media tour dan media monitoring.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:24
Last Modified: 22 Oct 2021 01:24
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/18165

Actions (login required)

View Item View Item