UMN Knowledge Center

Rancang bangun aplikasi prediksi penjualan menggunakan algoritma double exponential smoothing berbasis web (studi kasus: PT. Sanpak Unggul)

John, Richard and Hansun, Seng (2017) Rancang bangun aplikasi prediksi penjualan menggunakan algoritma double exponential smoothing berbasis web (studi kasus: PT. Sanpak Unggul). Jurnal Informatika, 14 (1).

Full text not available from this repository.
Official URL: https://ojs.petra.ac.id/ojsnew/index.php/inf/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan peramalan penjualan di masa mendatang beserta fitur-fitur aplikasi lainnya seperti kemampuan untuk menambahkan (insert), mengubah (edit), dan menghapus (delete) data produk dan ringkasan penjualan yang akan atau telah disimpan dalam suatu database untuk studi kasus perusahaan tertentu. Aplikasi yang dibangun menggunakan algoritma double exponential smoothing. Alasan pemanfaatan algoritma ini adalah nilai smoothing akan diperoleh tepat waktu sebelum data aktual saat data historis memiliki komponen trend. Oleh karena itu, untuk nilai smoothing tunggal, perlu ditambahkan nilai dari double smoothing untuk menyesuaikan trend tersebut. Metode yang dapat digunakan untuk memprediksi trend linear adalah metode dua parameter Holt. Pada metode Holt, nilainya bukan trend halus dari double smoothing secara langsung, melainkan penghalusan trend dilakukan dengan menggunakan parameter yang berbeda dengan yang digunakan untuk menghaluskan data aslinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun memiliki persentase kesalahan sekitar 28,38%. Aplikasi yang dibangun juga mampu memenuhi fitur-fitur yang dikehendaki oleh user dalam pemrosesan produk dan rekapitulasi.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming (Algorithm, Programming Language, Applications, Software, Data Security)
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:19
Last Modified: 21 Oct 2021 01:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item