UMN Knowledge Center

Adaptasi Huruf Latin Dengan 3 Teknik Perancangan Huruf Pada Studi Kasus Karya Font Design

Brahma, Adhreza (2017) Adaptasi Huruf Latin Dengan 3 Teknik Perancangan Huruf Pada Studi Kasus Karya Font Design. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 10 (2). ISSN 1979-0716

Full text not available from this repository.
Official URL: https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FSD/article/...

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk memaparkan proses perancangan huruf dari pengunaan 3 teknik yang berbeda. Hasil dari perancangan ini adalah huruf Latin dari adaptasi objek nusantara. Desain huruf baru ini merupakan bagian dari proses pencarian identitas baru untuk menambah salah satu khasanah budaya Indonesia. Subjek penelitian dipersempit pada 3 font karya mahasiswa Font Design Universitas Multimedia Nusantara pada tahun ajaran 2016/2017 yang mewakili ketiga teknik yang dipaparkan dan hasil hurufnya sudah melalui tahap kuratorial dari tim dosen pengampu mata kuliah Font Design. Teknik-teknik perancangan huruf diteliti dengan metode kualitatif melalui studi literatur dan diterapkan pada proses perancangan karya huruf Latin. Selanjutnya, dilakukan metode komparatif antara ketiga tehnik yang merujuk pada proses serta hasil karya huruf baru tersebut agar dapat memberikan gambaran bagaimana kelebihan maupun kekurangan dari pengunaan teknik tersebut bagi calon type designer.

Item Type: Article
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems of Standard Forms of Languages
700 Arts and Recreation > 700 Arts > 707 Education, research, related topics of fine and decorative arts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:08
Last Modified: 04 Nov 2021 03:08
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19042

Actions (login required)

View Item View Item