Akbar, Kevin Rizki (2022) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara dengan Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3 Domain Service Operation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (514kB) | Preview |
|
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
|
PDF
BAB_V.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pada masa sekarang, teknologi informasi memiliki peranan yang sangat vital bagi kemajuan sebuah perusahaan. Penerapan TI ke dalam proses bisnis sebuah perusahaan diyakini sebagai salah satu solusi agar perusahaan tersebut semakin kompetitif. Pendekatan yang dapat digunakan untuk menerapkan manajemen layanan TI adalah Information Technology Service Management (ITSM), karena pendekatan ini berfokus dalam menyelaraskan layanan TI dengan proses bisnis perusahaan agar mencapai tujuan bisnis perusahaan. Terdapat berbagai macam kerangka kerja yang dimiliki oleh ITSM salah satu kerangka kerja tersebut adalah ITIL V3 yang akan digunakan dalam mengukur tingkat kematangan tata kelola TI pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara. Kerangka kerja ITIL merupakan best practice dalam pengelolaan layanan TI. Fokus evaluasi tata kelola TI pada penelitian ini berfokus pada salah satu service lifecycle yang dimiliki oleh ITIL yaitu Domain Service Operation yang mendeskripsikan panduan dalam perbaikan kualitas layanan TI dari sisi bisnis maupun pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, kuesioner serta observasi. Sedangkan tahapan audit yang digunakan mengacu pada tahapan Gallegos, yaitu : perencanaan, pemeriksaan lapangan, pelaporan dan tindak lanjut. Hasil dari setiap indikator akan dihitung menggunakan rumus maturity model dengan ketentuan apabila nilai yang didapat melebihi 85%, maka dapat naik ke level selanjutnya. Hasil dari penelitian ini adalah indikator incident management, problem management, event management, access management, request fulfillment berhenti di level satu atau initial. Terdapat 21 rekomendasi yang diberikan agar dapat meningkatkan kinerja layanan teknologi informasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | ITIL, ITSM, Maturity Model, Service Operation,, Tata Kelola TI vii Evaluasi Tata Kelola, Kevin Rizki Akbar , Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System |
Divisions: | Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | mr admin umn |
Depositing User: | mr admin umn |
Last Modified: | 22 Mar 2022 14:10 |
URI: | http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |