Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara dengan Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3 Domain Service Operation

Akbar, Kevin Rizki (2022) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara dengan Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V.3 Domain Service Operation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (630kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (383kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pada masa sekarang, teknologi informasi memiliki peranan yang sangat vital bagi kemajuan sebuah perusahaan. Penerapan TI ke dalam proses bisnis sebuah perusahaan diyakini sebagai salah satu solusi agar perusahaan tersebut semakin kompetitif. Pendekatan yang dapat digunakan untuk menerapkan manajemen layanan TI adalah Information Technology Service Management (ITSM), karena pendekatan ini berfokus dalam menyelaraskan layanan TI dengan proses bisnis perusahaan agar mencapai tujuan bisnis perusahaan. Terdapat berbagai macam kerangka kerja yang dimiliki oleh ITSM salah satu kerangka kerja tersebut adalah ITIL V3 yang akan digunakan dalam mengukur tingkat kematangan tata kelola TI pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara. Kerangka kerja ITIL merupakan best practice dalam pengelolaan layanan TI. Fokus evaluasi tata kelola TI pada penelitian ini berfokus pada salah satu service lifecycle yang dimiliki oleh ITIL yaitu Domain Service Operation yang mendeskripsikan panduan dalam perbaikan kualitas layanan TI dari sisi bisnis maupun pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, kuesioner serta observasi. Sedangkan tahapan audit yang digunakan mengacu pada tahapan Gallegos, yaitu : perencanaan, pemeriksaan lapangan, pelaporan dan tindak lanjut. Hasil dari setiap indikator akan dihitung menggunakan rumus maturity model dengan ketentuan apabila nilai yang didapat melebihi 85%, maka dapat naik ke level selanjutnya. Hasil dari penelitian ini adalah indikator incident management, problem management, event management, access management, request fulfillment berhenti di level satu atau initial. Terdapat 21 rekomendasi yang diberikan agar dapat meningkatkan kinerja layanan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ITIL, ITSM, Maturity Model, Service Operation,, Tata Kelola TI vii Evaluasi Tata Kelola, Kevin Rizki Akbar , Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Nov 2022 05:35
Last Modified: 04 Jul 2023 02:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item View Item