Perancangan Kampanye Sosial Pemahaman Bagi Masyarakat di Pulau Jawa Mengenai Dampak Buruk Praktik Tes Keperawanan

Karissa Putri, Lidvinidia (2022) Perancangan Kampanye Sosial Pemahaman Bagi Masyarakat di Pulau Jawa Mengenai Dampak Buruk Praktik Tes Keperawanan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Walau kesetaraan gender semakin marak di era sekarang, tidak menutup kemungkinan diskriminasi terhadap perempuan masih dapat terjadi. Diskriminasi tersebut dapat berupa bentuk sebuah mitos yang dipercaya sebagian besar masyarakat patriarkis bahwa harga diri perempuan dapat dilihat dari bagaimana ia dapat menjaga keperawanannya. Mitos keperawanan tersebut tetap dipercaya hingga timbul bentuk diskriminasi yang lebih nyata yakni `tes keperawanan'. Tes yang dilakukan oleh instansi militer, sebagian besar instansi pemerintahan, perusahan dan lain-lain. Tes yang tidak terbukti secara medikal dan melanggar hak asasi tersebut masih tetap ada karena didasarkan alasan kaum patriarkis yang ingin menyeleksi bahwa hanya perempuan bermoral saja yang dapat lulus dan berbakti kepada negara/pemerintah. Tak sedikit perempuan yang menanggung beban trauma dan serangan psikologis karena hal tersebut. Maka dari itu penulis ingin merancang sebuah kampanye sosial dengan menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif melalui penyebaran kuisioner dan wawancara ahli dengan harap masyarakat di Pulau Jawa khususnya masyarakat berumur 15-24 tahun agar dapat menyadari dampak buruk praktik tes kereperawanan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: kampanye sosial, mitos keperawanan, tes keperawanan, diskriminasi gender vii Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Mitos Keperawan dan Dampaknya Terhadap Tes Keperawanan di Pulau Jawa, Lidvinidia Karissa Putri, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 14:24
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19981

Actions (login required)

View Item View Item