Monic, Felyshia (2022) Perancangan Media Kampanye untuk Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Starbucks Kota Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
PDF
BAB_V.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan wadah plastik sekali pakai pada industri minuman meningkat pada beberapa tahun terakhir. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menjadikan Indonesia sebagai negara penyumbang sampah plastik kedua terbesar di dunia. Data limbah plastik di Kota Tangerang berada pada jumlah terbesar di wilayah Jabodetabek. Hal ini tentunya tidak baik bagi makhluk hidup karena mikropartikel yang terurai bersifat karsinogenik dan toksik. Untuk menekan jumlah limbah plastik, dapat dimulai dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai pada saat membeli minuman di salah satu kedai ternama yaitu Starbucks Coffee. Penggunaan tumbler diyakini dapat memberikan dampak yang signifikan untuk menggantikan wadah plastik sekali pakai. Maka dari itu, penulis ingin membuat kampanye bagi masyarakat Tangerang untuk mengganti penggunaan plastik dengan menggunakan tumbler saat membeli minuman di Starbucks. Penulis menggunakan metode hybrid dalam mengumpulkan data yaitu kualitatif melalui FGD dan Observasi; kuantitatif melalui survei. Berdasarkan hasil penelitian, masalah dalam minimnya penggunaan tumbler diakibatkan oleh rasa malas, lupa bawa, dan ketidakpraktisan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa diperlukan sebuah media kampanye yang dapat membangun rasa kebutuhan tinggi bagi pembeli minuman kekinian dalam penggunaan tumbler sehingga penggunaan plastik dapat dikurangi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minuman Kekinian, Wadah plastik sekali pakai di Starbucks, Botol viii Perancangan Media Kampanye..., Felyshia Monic, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts |
Divisions: | Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual |
SWORD Depositor: | mr admin umn |
Depositing User: | mr admin umn |
Last Modified: | 22 Mar 2022 14:50 |
URI: | http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |