Perancangan Media Kampanye untuk Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Starbucks Kota Tangerang

Monic, Felyshia (2022) Perancangan Media Kampanye untuk Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai di Starbucks Kota Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (379kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan wadah plastik sekali pakai pada industri minuman meningkat pada beberapa tahun terakhir. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menjadikan Indonesia sebagai negara penyumbang sampah plastik kedua terbesar di dunia. Data limbah plastik di Kota Tangerang berada pada jumlah terbesar di wilayah Jabodetabek. Hal ini tentunya tidak baik bagi makhluk hidup karena mikropartikel yang terurai bersifat karsinogenik dan toksik. Untuk menekan jumlah limbah plastik, dapat dimulai dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai pada saat membeli minuman di salah satu kedai ternama yaitu Starbucks Coffee. Penggunaan tumbler diyakini dapat memberikan dampak yang signifikan untuk menggantikan wadah plastik sekali pakai. Maka dari itu, penulis ingin membuat kampanye bagi masyarakat Tangerang untuk mengganti penggunaan plastik dengan menggunakan tumbler saat membeli minuman di Starbucks. Penulis menggunakan metode hybrid dalam mengumpulkan data yaitu kualitatif melalui FGD dan Observasi; kuantitatif melalui survei. Berdasarkan hasil penelitian, masalah dalam minimnya penggunaan tumbler diakibatkan oleh rasa malas, lupa bawa, dan ketidakpraktisan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa diperlukan sebuah media kampanye yang dapat membangun rasa kebutuhan tinggi bagi pembeli minuman kekinian dalam penggunaan tumbler sehingga penggunaan plastik dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Minuman Kekinian, Wadah plastik sekali pakai di Starbucks, Botol viii Perancangan Media Kampanye..., Felyshia Monic, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Nov 2022 05:45
Last Modified: 04 Oct 2023 01:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20200

Actions (login required)

View Item View Item