Perancangan Brand Destination Kampung Laweyan di Kota Solo

Mayta, Yolanda Emmatya (2022) Perancangan Brand Destination Kampung Laweyan di Kota Solo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Solo merupakan kota yang masih kental dengan budaya aslinya, hal ini dapat dilihat dari struktur bangunannya yang masih dipertahankan hingga sekarang. Budaya ini masih dapat dirasakan pada beberapa kawasan di Kota Solo, salah satu kawasan tersebut adalah Kampung Laweyan. Sebagai salah satu cagar budaya, kawasan sudah ada sebelum terbentuknya Kerajaan Pajang (1568) sebagai pasar bahan baku tenun yang sangat ramai. Sampai saat ini, Kampung Laweyan menjadi satu-satunya kawasan pusat industri batik dan sejarah di Kota Solo yang sangat berpengaruh bagi laju ekonomi dan pariwisata. Dengan adanya potensi tersebut, kawasan ini dapat menjadi objek destinasi yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Namun, melalui kuesioner yang didapat dari sejumlah wisatawan di daerah sekitar Kota Solo seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I. Yogyakarta, masih banyak yang tidak mengetahui kawasan ini dan menganggap bahwa kawasan ini adalah kawasan pemukiman biasa. Dari sini dapat terlihat persepsi wisatawan terhadap Kampung Laweyan membuat penurunan niat pengunjung untuk datang. Karena masalah tersebut, dengan adanya destination branding diharapkan dapat menaikkan image dan memperlihatkan keunikkan Kampung Laweyan di mata wisatawan sehingga dapat menarik minat mereka untuk datang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Branding, Kampung Laweyan, Batik, Warisan vii Perancangan Brand Destination Kampung Laweyan di Kota Solo, Yolanda Emmatya Mayta, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 14:53
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20219

Actions (login required)

View Item View Item