Perancangan Brand Destination Kampung Laweyan di Kota Solo

Mayta, Yolanda Emmatya (2022) Perancangan Brand Destination Kampung Laweyan di Kota Solo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (307kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Solo merupakan kota yang masih kental dengan budaya aslinya, hal ini dapat dilihat dari struktur bangunannya yang masih dipertahankan hingga sekarang. Budaya ini masih dapat dirasakan pada beberapa kawasan di Kota Solo, salah satu kawasan tersebut adalah Kampung Laweyan. Sebagai salah satu cagar budaya, kawasan sudah ada sebelum terbentuknya Kerajaan Pajang (1568) sebagai pasar bahan baku tenun yang sangat ramai. Sampai saat ini, Kampung Laweyan menjadi satu-satunya kawasan pusat industri batik dan sejarah di Kota Solo yang sangat berpengaruh bagi laju ekonomi dan pariwisata. Dengan adanya potensi tersebut, kawasan ini dapat menjadi objek destinasi yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Namun, melalui kuesioner yang didapat dari sejumlah wisatawan di daerah sekitar Kota Solo seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I. Yogyakarta, masih banyak yang tidak mengetahui kawasan ini dan menganggap bahwa kawasan ini adalah kawasan pemukiman biasa. Dari sini dapat terlihat persepsi wisatawan terhadap Kampung Laweyan membuat penurunan niat pengunjung untuk datang. Karena masalah tersebut, dengan adanya destination branding diharapkan dapat menaikkan image dan memperlihatkan keunikkan Kampung Laweyan di mata wisatawan sehingga dapat menarik minat mereka untuk datang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Branding, Kampung Laweyan, Batik, Warisan vii Perancangan Brand Destination Kampung Laweyan di Kota Solo, Yolanda Emmatya Mayta, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:43
Last Modified: 04 Oct 2023 00:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20219

Actions (login required)

View Item View Item