Perancangan Cerita Interaktif Tentang Menjaga Kebersihan Telinga untuk Anak Usia 9-12 Tahun

Lilo, Agnes Ratna Dully (2022) Perancangan Cerita Interaktif Tentang Menjaga Kebersihan Telinga untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pentingnya fungsi telinga mengharuskan kita untuk lebih paham bagaimana cara merawatnya. Namun, kesehatan telinga masih belum dipahami dengan baik, bahkan mulai dari kebersihan telinga. Banyaknya anak di sekolah dasar yang mengalami masalah dengan kotoran telinga yang dapat dipengaruhi oleh perilaku kesehatan siswa/i sekolah dasar terhadap pembersihan telinga. Dari hasil penyebaran kuesioner ke 113 responden di daerah JABODETABEK kepada anak usia 9 hingga 12 tahun, terdapat 69 responden di antaranya menyetujui penggunaan cotton bud diperbolehkan untuk pembersihan telinga dan 78 responden menyetujui pengorekkan telinga merupakan cara yang benar untuk membersihkan telinga. Padahal, kesalahan membersihkan telinga ini dapat berdampak pada terjadinya beberapa gangguan telinga, berdampak pada edukasi, kesehatan mental, hingga tumbuh kembang anak. Maka dari itu, pentingnya edukasi sejak dini mengenai cara merawat kebersihan telinga yang mendorong penulis untuk melakukan perancangan cerita interaktif tentang menjaga kebersihan telinga untuk anak usia 9-12 tahun. Anak-anak di usia 9 tahun biasanya sudah mendapatkan pengajaran mengenai angggota tubuh manusia sehingga dirasa sebagai waktu yang tepat untuk mengajarkan juga cara merawat kebersihan telinga. Pemilihan cerita interaktif untuk meningkatkan pembelajaran dengan membaca dengan cara yang lebih menyenangkan sehingga pelajaran lebih mudah ditangkap dibandingkan buku tradisional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode campuran. Sedangkan metode perancangan menggunakan teori dari Carolyn Handler Miller.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: cerita interaktif, kebersihan telinga, indra pendengaran vii Perancangan Cerita Interaktif..., Agnes Ratna Dully Lilo, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 15:13
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20344

Actions (login required)

View Item View Item