Perancangan Cerita Interaktif Tentang Menjaga Kebersihan Telinga untuk Anak Usia 9-12 Tahun

Lilo, Agnes Ratna Dully (2022) Perancangan Cerita Interaktif Tentang Menjaga Kebersihan Telinga untuk Anak Usia 9-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (361kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pentingnya fungsi telinga mengharuskan kita untuk lebih paham bagaimana cara merawatnya. Namun, kesehatan telinga masih belum dipahami dengan baik, bahkan mulai dari kebersihan telinga. Banyaknya anak di sekolah dasar yang mengalami masalah dengan kotoran telinga yang dapat dipengaruhi oleh perilaku kesehatan siswa/i sekolah dasar terhadap pembersihan telinga. Dari hasil penyebaran kuesioner ke 113 responden di daerah JABODETABEK kepada anak usia 9 hingga 12 tahun, terdapat 69 responden di antaranya menyetujui penggunaan cotton bud diperbolehkan untuk pembersihan telinga dan 78 responden menyetujui pengorekkan telinga merupakan cara yang benar untuk membersihkan telinga. Padahal, kesalahan membersihkan telinga ini dapat berdampak pada terjadinya beberapa gangguan telinga, berdampak pada edukasi, kesehatan mental, hingga tumbuh kembang anak. Maka dari itu, pentingnya edukasi sejak dini mengenai cara merawat kebersihan telinga yang mendorong penulis untuk melakukan perancangan cerita interaktif tentang menjaga kebersihan telinga untuk anak usia 9-12 tahun. Anak-anak di usia 9 tahun biasanya sudah mendapatkan pengajaran mengenai angggota tubuh manusia sehingga dirasa sebagai waktu yang tepat untuk mengajarkan juga cara merawat kebersihan telinga. Pemilihan cerita interaktif untuk meningkatkan pembelajaran dengan membaca dengan cara yang lebih menyenangkan sehingga pelajaran lebih mudah ditangkap dibandingkan buku tradisional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode campuran. Sedangkan metode perancangan menggunakan teori dari Carolyn Handler Miller.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: cerita interaktif, kebersihan telinga, indra pendengaran vii Perancangan Cerita Interaktif..., Agnes Ratna Dully Lilo, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:08
Last Modified: 03 Oct 2023 01:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20344

Actions (login required)

View Item View Item