Motif dan Kepuasan Generasi-Z dalam Mengakses Berita Berbayar di Kompas.id

Fransisca, Lydia (2022) Motif dan Kepuasan Generasi-Z dalam Mengakses Berita Berbayar di Kompas.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

Disrupsi digital memengaruhi keberlangsungan industri media. Maka dari itu, media perlu memikirkan model bisnis yang sesuai dan berkelanjutan tanpa perlu mengorbankan nilai jurnalisme. Model bisnis media yang paling berkelanjutan adalah membayar untuk berlangganan. Namun, khalayak lebih sulit untuk berlangganan media dibanding berlangganan media hiburan semacam Netflix dan Spotify. Sebelum berlangganan media, seseorang akan memiliki ekspektasi tinggi dan mempertimbangkan banyak hal seperti liputan yang pernah media tersebut lakukan di masa lalu, peristiwa yang akan mereka liput, apa prioritasi editor dan penerbit mereka, dsb. Namun, terdapat 284.884 active users di Kompas.id dan lebih dari setengahnya merupakan pembaca berusia muda. Maka, perlu diketahui alasan dan tingkat kepuasan Generasi-Z dalam membayar berita berbayar di Kompas.id ketika yang lain enggan untuk membayar. Adapun kegunaan yang didapatkan adalah khalayak dapat mengetahui motif yang digunakan Generasi-Z untuk membayar sebuah berita dan diharapkan khalayak juga dapat mengakses berita berbayar. Selain itu, kajian jurnalistik mengenai konsep MAIN (modality, agency, interactivity, navigability) dapat bertambah. Motif dan kepuasan akan digali menggunakan model MAIN dengan asumsi Gratification Sought (GS) & Gratification Obtained (GO), yaitu pemenuhan kepentingan pembaca akan membuat kepuasan tercapai. Metode studi kasus diaplikasikan dalam penelitian ini dengan menjadikan Generasi-Z yang mengakses media berbayar di Kompas.id sebagai informan. Penggalian data dilakukan dengan cara wawancara dengan tiga informan Generasi-Z Kompas.id. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa khalayak mengonsumsi Kompas.id karena berita mendalam yang disajikan. Lalu, terdapat kepuasan dalam konsumsi berita berbayar oleh Generasi-Z.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: berita berbayar, model MAIN, Kompas.id, motif dan kepuasan vii Motif dan Kepuasan ..., Lydia Fransisca, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 15:13
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item