Motif dan Kepuasan Generasi-Z dalam Mengakses Berita Berbayar di Kompas.id

Fransisca, Lydia (2022) Motif dan Kepuasan Generasi-Z dalam Mengakses Berita Berbayar di Kompas.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (641kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (314kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (852kB)

Abstract

Disrupsi digital memengaruhi keberlangsungan industri media. Maka dari itu, media perlu memikirkan model bisnis yang sesuai dan berkelanjutan tanpa perlu mengorbankan nilai jurnalisme. Model bisnis media yang paling berkelanjutan adalah membayar untuk berlangganan. Namun, khalayak lebih sulit untuk berlangganan media dibanding berlangganan media hiburan semacam Netflix dan Spotify. Sebelum berlangganan media, seseorang akan memiliki ekspektasi tinggi dan mempertimbangkan banyak hal seperti liputan yang pernah media tersebut lakukan di masa lalu, peristiwa yang akan mereka liput, apa prioritasi editor dan penerbit mereka, dsb. Namun, terdapat 284.884 active users di Kompas.id dan lebih dari setengahnya merupakan pembaca berusia muda. Maka, perlu diketahui alasan dan tingkat kepuasan Generasi-Z dalam membayar berita berbayar di Kompas.id ketika yang lain enggan untuk membayar. Adapun kegunaan yang didapatkan adalah khalayak dapat mengetahui motif yang digunakan Generasi-Z untuk membayar sebuah berita dan diharapkan khalayak juga dapat mengakses berita berbayar. Selain itu, kajian jurnalistik mengenai konsep MAIN (modality, agency, interactivity, navigability) dapat bertambah. Motif dan kepuasan akan digali menggunakan model MAIN dengan asumsi Gratification Sought (GS) & Gratification Obtained (GO), yaitu pemenuhan kepentingan pembaca akan membuat kepuasan tercapai. Metode studi kasus diaplikasikan dalam penelitian ini dengan menjadikan Generasi-Z yang mengakses media berbayar di Kompas.id sebagai informan. Penggalian data dilakukan dengan cara wawancara dengan tiga informan Generasi-Z Kompas.id. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa khalayak mengonsumsi Kompas.id karena berita mendalam yang disajikan. Lalu, terdapat kepuasan dalam konsumsi berita berbayar oleh Generasi-Z.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: berita berbayar, model MAIN, Kompas.id, motif dan kepuasan vii Motif dan Kepuasan ..., Lydia Fransisca, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Dec 2022 04:12
Last Modified: 15 Jun 2023 07:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item