Perancangan Buku Illsutrasi mengenai Surya Kencana di Kota Bogor

Gabriella, Gabriella (2022) Perancangan Buku Illsutrasi mengenai Surya Kencana di Kota Bogor. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Surya Kencana memiliki peran penting dalam perekonomian di Kota Bogor, kawasan ini terenal dengan perdagangan dan kuliner legednaris. Surya kencana memiliki sejarah penting dalam perkembangan Kota Bogor. Kawasan Surya Kencana pada zaman dahulu bernama eadlestreet atau jalan perniagaan dikarenakan mayoritas orang tionghoa, namu semakin berkembang berganti nama menjadi Surya Kencana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Kota Bogor.Surya Kencana memiliki banyak cerita dan peristiwa dibalik bangunan yang ada seperti ornament, kelenteng, pertokoan, kebudayaan, dan peninggalan rumah belanda, Kawasan ini juga memiliki daya tarik tersendiri seperti memiliki keautentikan terhadap bangunan pada setiap sudut jalan dan menjadi tempat perayaan Cap Go Meh yang bergabung antara Vihara Dhanagun dan Kota Bogor. Surya kenvcana memiliki tempat jual beli tertua yaitu pasar bogor yang sudah ada sejak zaman dahulu hingga sekarang pasar ini terbagi menjadi dua yaitu pasar modern dan pasar tradisonlal. Selain itu Surya kencana memiliki Vihara Dhanagun sebagai tempat ibadah umat Tionghoa dan mengadakan perayaan setiap tahunnya yaitu Cap Go Meh yang menjadikan perayaan sebagai Pawai Budaya Pemersatu Bangsa bagi Kota bogor. Perayaan Cap Go Meh ini memiliki ciri khas tersendiri dibanding kota lain yaitu menyatukan tradisi Tionghoa dan Sunda. Perancangan ini menggunakan metode penggumpulan data dengan metode Etnografi, metode yangmenguraikan dan menggambarkan kebudayaan atau aspek kebudayaan, maka dari itu merancang buku ilustrasi tentang Surya Kencana di Kota Bogor sebagaimedia informasi bagi pembaca. Buku ilustrasi merupakan salah satu media informasi yang dapat menyampaikan suatu informasi menjadi lebih menarik dan memiliki nilai seni tersendiri. Melalui buku ilustrasi ini diharapkan dapat memberikan informasi, ilmu pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam. Hasil akhir dari perancangan ini adalah sebuah buku ilustrasi yang berisi informasi Surya Kencana yang dapat dimengerti oleh masyarakat dengan harapan bahwa masyarakat dapat mengetahui dan mengerti tentang Surya Kencana dikota Bogor.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Kebudayaan, Wisata, buku ilustrasi vii Perancangan Buku Ilustrasi.., Gabriella, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 15:15
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20366

Actions (login required)

View Item View Item