Peran Tim Kreatif dalam Divisi Multimedia di Suara.com

Kusuma, Tasya Salsabilla Rians (2022) Peran Tim Kreatif dalam Divisi Multimedia di Suara.com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Jurnalistik online diartikan sebagai proses penyampaian informasi melalui media daring. Henri Subiakto sebagai Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi mengatakan generasi milenial tidak bisa hidup tanpa teknologi dan smartphone. Kabar terbaru dan topik yang sedang tren berasal dari media daring bukan lagi melalui media massa seperti radio, televisi, surat kabar, majalah, dan buku. Penelitian dari Statista dalam data online media consumption among internet users in Indonesia as Q3 2020, menyatakan 98,5% masyarakat Indonesia menonton video dan 84% mendengarkan layanan streaming musik. Sementara, survei dari Google masyarakat Indonesia 1,2 kali lebih banyak menghabiskan waktu dengan menonton video daring daripada media sosial. Kemudian, 75% masyarakat senang mengonsumsi berita daring melalui Youtube sebagai saluran kesukaannya. Data dari Hootsuite We are Social, platform media sosial paling utama adalah 93,8% menggunakan Youtube. Adanya, data tersebut mempraktikkan jurnalisme multimedia yang bukan lagi memberitakan melalui teks, tetapi perlu terdapat video, foto, infografik, animasi, dan interaktif. Jurnalisme multimedia memang sedikit berbeda, harus bekerja lebih cepat, teks ditulis secara singkat, dan bahasa informal, tetapi tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Di samping itu, hadirnya jurnalisme multimedia dapat meningkatkan kredibilitas untuk menambahkan materi dan dokumen pendukung dari peristiwa atau cerita yang terjadi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk memilih divisi multimedia di Suara.com. Media tersebut memproduksi video berita yang beragam macamnya mulai dari Top 3 News, New Virmen, dan berita singkatnya. Laporan kerja magang ini menjelaskan tugas yang diberikan dan alur kerja sebagai tim kreatif di multimedia Suara.com. Adanya, tulisan ini dapat membuat pembaca bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan inspirasi untuk mengembangkan ide menariknya.

Item Type: Thesis (Internship)
Uncontrolled Keywords: jurnalisme online, jurnalisme multimedia, kreatif, dan Suara.com
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:00
Last Modified: 23 Mar 2022 04:00
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item