Peran Tim Kreatif dalam Divisi Multimedia di Suara.com

Kusuma, Tasya Salsabilla Rians (2022) Peran Tim Kreatif dalam Divisi Multimedia di Suara.com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Jurnalistik online diartikan sebagai proses penyampaian informasi melalui media daring. Henri Subiakto sebagai Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi mengatakan generasi milenial tidak bisa hidup tanpa teknologi dan smartphone. Kabar terbaru dan topik yang sedang tren berasal dari media daring bukan lagi melalui media massa seperti radio, televisi, surat kabar, majalah, dan buku. Penelitian dari Statista dalam data online media consumption among internet users in Indonesia as Q3 2020, menyatakan 98,5% masyarakat Indonesia menonton video dan 84% mendengarkan layanan streaming musik. Sementara, survei dari Google masyarakat Indonesia 1,2 kali lebih banyak menghabiskan waktu dengan menonton video daring daripada media sosial. Kemudian, 75% masyarakat senang mengonsumsi berita daring melalui Youtube sebagai saluran kesukaannya. Data dari Hootsuite We are Social, platform media sosial paling utama adalah 93,8% menggunakan Youtube. Adanya, data tersebut mempraktikkan jurnalisme multimedia yang bukan lagi memberitakan melalui teks, tetapi perlu terdapat video, foto, infografik, animasi, dan interaktif. Jurnalisme multimedia memang sedikit berbeda, harus bekerja lebih cepat, teks ditulis secara singkat, dan bahasa informal, tetapi tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Di samping itu, hadirnya jurnalisme multimedia dapat meningkatkan kredibilitas untuk menambahkan materi dan dokumen pendukung dari peristiwa atau cerita yang terjadi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk memilih divisi multimedia di Suara.com. Media tersebut memproduksi video berita yang beragam macamnya mulai dari Top 3 News, New Virmen, dan berita singkatnya. Laporan kerja magang ini menjelaskan tugas yang diberikan dan alur kerja sebagai tim kreatif di multimedia Suara.com. Adanya, tulisan ini dapat membuat pembaca bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan inspirasi untuk mengembangkan ide menariknya.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: jurnalisme online, jurnalisme multimedia, kreatif, dan Suara.com
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:00
Last Modified: 17 Jun 2023 03:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item