Laporan Kerja Magang Alur Kerja Reporter Kanal Gaya Hidup Tempo.co

Widjaja, Bernadette Jeane (2022) Laporan Kerja Magang Alur Kerja Reporter Kanal Gaya Hidup Tempo.co. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan pesat teknologi membuat semua informasi sekarang dapat diakses secara digital. Hal tersebut akhirnya juga mempengaruhi semua bidang termasuk praktik jurnalisme. Jurnalisme daring dapat diakses di manapun dan kapanpun. Jurnalisme daring yang juga disebut sebagai cyber journalism merupakan pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan melalui internet. Siaran berita oleh jurnalisme daring sebenarnya sama saja dengan koran dan televisi, tapi kecepatan pemberitaan lebih diutamakan serta pemilihan bahasanya mudah dipahami oleh semua orang. Media daring Tanah Air yang tercatat pertama kali hadir di internet adalah milik Harian Republika, yaitu Republika.co.id pada 1995. Majalah Tempo ikut merilis media daringnya, yaitu tempointeraktif.com, yang sudah diubah menjadi Tempo.co. Kala itu media-media tersebut memindahkan isi media cetak mereka ke dalam bentuk daring. Media tak selalu harus membahas mengenai topik berita terkini ataupun politik, mereka juga harus mempertimbangkan topik berita lain yang juga banyak dicari oleh khalayak modern. Berita gaya hidup atau lifestyle adalah salah satu bentuk jurnalisme yang lumayan populer. Tak hanya populer, jurnalisme lifestyle juga telah dijadikan bidang jurnalisme yang penting serta menguntungkan, memberikan signifikansi besar terhadap bidang ekonomi dan budaya. Bidang gaya hidup ini menjadi penting untuk dipelajari karena manfaat, kompleksitas, serta masih kurang banyaknya literatur serupa. Salah satu media yang menerapkan jurnalisme gaya hidup sebagai salah satu bidang di kanal pemberitaannya adalah Tempo.co. Kanal gaya hidup di Tempo.co meliputi kanal gaya, seleb, travel, cantik, dan difabel. Tempo.co juga memiliki Cantika.com, laman khusus sebagai bagian dari media Tempo.co yang lebih berfokus membahas gaya hidup, seperti cinta, keluarga, kuliner, kesehatan, kecantikan, dan mode. Setiap kanalnya juga memiliki redaktur masing-masing.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Gaya Hidup, Jurnalisme Daring, Media Daring, Tempo.co
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:43
Last Modified: 21 Jun 2023 02:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22689

Actions (login required)

View Item View Item