Perancangan Aplikasi Belajar Doa Sehari-hari Untuk Anak Usia 4-6 Tahun

Herupuspita, Diah Cempaka Ekorini (2014) Perancangan Aplikasi Belajar Doa Sehari-hari Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (804kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (629kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan moral dan agama anak usai 4-6 tahun adalah sudah dapat membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan hariannya. Orang tua sebiaknya memfasilitasi anak dalam pemenuhan kebutuhan perkembangannya tersebut. Salah satu usaha yang dilakukan oleh orang tua adalah menyekolahkan anaknya, sehingga anak dapat mempelajari doa hariannya dengan cara menirukan doa yang dibacakan guru. Namun, apa bila doa yang anak pelajari tidak diulang di rumah, maka anak akan cepat lupa. Cara belajar anak usia 4-6 tahun adalah meniru, terutama secara lisan. Berdasarkan hal tersebut, anak memerlukan media belajar yang dapat membantunya mengulang doa hariannya secara mandiri di rumah. Apalagi, mereka terlahir sebagai generasi digital dimana meraka terbiasa mengahabiskan waktu dengan media digital. Kebiasaan ini membentuk anak menjadi aktif, interaktif dan multi-tasking. Hal ini membuat penulis ingin merancang sebuah media belajar interaktif berupa aplikasi doa sehari-hari yang dapat digunakan anak secara mandiri di rumah. Aplikasi ini akan menyajikan gambar, audio dan permainan sederhana, sehingga anak tidak mudah bosan. Analasis data dilakukan dengan metode kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa perancangan aplikasi doa berpengaruh positif pada perkembangan moral dan agama anak. Anak dapat menggunakan aplikasi ini untuk membantunya mendengar ulang bacaan doa saat mereka berada di rumah secara mandiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 700 Arts > 707 Education, research, related topics of fine and decorative arts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:52
Last Modified: 27 Jan 2023 00:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item