UMN Knowledge Center

Analisis pengaruh attractiveness, expertise, trustworthiness dari endorser terhadap brand credibility dan consumer-based brand equity Analisis pengaruh attractiveness, expertise, trustworthiness dari endorser terhadap brand credibility dan consumer-based brand equity

Bahrunsyah, Achmad (2015) Analisis pengaruh attractiveness, expertise, trustworthiness dari endorser terhadap brand credibility dan consumer-based brand equity Analisis pengaruh attractiveness, expertise, trustworthiness dari endorser terhadap brand credibility dan consumer-based brand equity. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (919kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (761kB)

Abstract

Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia. Seiring perkembangan zaman batik sekarang sudah menjadi busana yang dapat dipakai oleh siapa saja. Batik juga tidak lepas dari pengaruh perkembangan fashion di Indonesia yang membuat semakin banyak ragam busana yang bisa dibuat dengan kain batik. Salah satu brand yang terkenal adalah Alleira Batik yang merupakan brand batik ready to wear dan made to order. Alleira berhasil memadukan antara unsur tradisional dan modern dengan tampilan warna dan desain busana yang dibuat. Namun hal tersebut dapat dengan mudah ditiru oleh para pesaingnya. Untuk membangun ekuitas pelanggan diperlukan berbagai macam strategi pemasaran agar dapat menjalin relasi antara perusahaan dan pelanggan. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Alleira Batik adalah celebrity endorsement. Alleira Batik menjadikan Annisa Larasati Pohan untuk menjadi brand ambassador mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jika ekuitas pelanggan Alleira Batik (Consumer-Based Brand Equity) dapat dipengaruhi oleh kredibilitas dari sebuh merk (Brand Credibility) dan kredibilitas dari endorser (Attractiveness, Expertise, dan Trustworthiness). Model teoritis penelitian dalam penelitian ini disampaikan dengan 3 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel penelitian ini adalah 172 pria atau wanita berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung dengan usia minimal 17 tahun. Responden mengetahui Annisa Pohan sebagai endorser Alleira dan sebagai model. Kemudian responden sudah pernah membeli produk batik Alleira paling tidak sekali dan paling tidak sudah berkunjung ke butik Alleira 3 kali. Kemudian memiliki rata - rata pengeluaran perbulan untuk keperluan fashion minimal Rp 10.000.000,00 dan pernah membeli batik selain Alleira Batik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara attractiveness, expertise dan trustworthiness dari celebrity endorser terhadap brand credibility dan terapat pengaruh attractiveness serta expertise dari celebrity endorser terhadap consumer-based brand equity. Namun ditemukan bahwa expertise dari celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap consumer-based brand equity. Maka ketiga hipotesis penelitian yang diajukan tidak semuanya sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Sehingga disarankan Alleira Batik untuk memperhatikan kredibilitas dari seorang endorser terutama expertise untuk dapat meningkatkan brand credibility dan consumer-based brand equity Alleira Batik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 15 Jun 2017 01:33
Last Modified: 08 Aug 2017 09:12
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item