UMN Knowledge Center

Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Pembentukan Konsep Diri Dan Self-Esteem Siswa Di Sekolah Homogen: Studi Kasus Sma Kolese De Britto Yogyakarta

Lidwino, Felix (2017) Peran Komunikasi Interpersonal Dalam Pembentukan Konsep Diri Dan Self-Esteem Siswa Di Sekolah Homogen: Studi Kasus Sma Kolese De Britto Yogyakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (820kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal yang efektif memberi kontribusi bagi pembentukan konsep diri dan harga diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi antarpribadi yang ada di lingkungan sekolah homogen laki-laki. Penelitian ini menggunakan teori hubungan, yaitu teori keadilan (equity theory) dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang terjalin di antara sesama siswa dan guru dengan siswa terbangun dengan pola hubungan yang didasari prinsip keadilan yang juga dipengaruhi oleh kultur berkomunikasi yang berasal dari budaya Jawa dan konsep pendidikan bebas. Peran komunikasi interpersonal yang terbuka dan empati ada di SMA Kolese De Britto berkontribusi pada pembentukan konsep diri siswa yang positif. Kemudian, dari konsep diri yang positif juga berkontribusi pada pembentukan harga diri yang tinggi ditandai dari afirmasi diri siswa yang merujuk pada penilaian positif, pernyataan perasaan positif, dan memiliki hubungan yang positif terhadap diri sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, pola hubungan, kultur berkomunikasi, konsep diri, harga diri, sekolah homogen, equity theory
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV547 Self-help groups
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P94.7 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Feb 2019 08:38
Last Modified: 28 Feb 2019 08:38
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5285

Actions (login required)

View Item View Item