Noorsita, Jessica (2017) Presentasi Lesbian Gay Biseksual Transgender (Lgbt) Dalam Akun Facebook Perkumpulan Arus Pelangi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kelompok LGBT sebagai salah satu bagian dari kelompok subkultur seringkali mendapat kekerasan dan ketidakadilan dari masyarakat dominan, sehingga mereka menggunakan media sosial sebagai media alternatif untuk menyuarakan suara mereka. Media alternatif digunakan karena kelompok LGBT sebagai kelompok subkultur tidak bisa masuk menggunakan media dominan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan Facebook sebagai media alternatif yang digunakan oleh kelompok LGBT Arus Pelangi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengembangan diri yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Penelitian ini berjenis kualitatif dan bersifat deskriptif. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode studi kasus yang dikemukakan oleh Robert K. Yin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Facebook sebagai media alternatif kelompok LGBT Arus Pelangi sungguh efektif untuk menyuarakan suara mereka karena Facebook mempunyai jangkauan yang luas serta dapat berdampak secara internal maupun eksternal, sehingga tujuan-tujuan dari Kelompok LGBT Arus Pelangi untuk mengedukasi masyarakat dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelompok subkultur, LGBT, media alternatif, media sosial, facebook |
Subjects: | H Social Sciences H Social Sciences > HM Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1449 Gay men. Lesbians |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | mr admin umn |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:12 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 09:12 |
URI: | http://kc.umn.ac.id/id/eprint/5298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |